Anak Usia di Bawah 3 Tahun Rentan Menelan Benda Asing, Cegah dengan 4 Cara Ini

Anak Usia di Bawah 3 Tahun Rentan Menelan Benda Asing, Cegah dengan 4 Cara Ini

Anak-anak senang memasukkan apapun ke dalam mulut sehingga menimbulkan resiko tertelannya benda asing ke dalam tubuh atau foreign body ingestion-master1305/freepik-

Maka dari itu, diperlukan adanya tindakan pencegahan agar bayi, anak-anak, dan orang dewasa terhindar dari insiden ingesti benda asing. Ariani membagikan 4 tips cegah ingesti benda asing.

1. Orang tua wajib membersihkan rumah secara berkala 

Ariani menghimbau pada setiap orang tua agar jangan sampai lupa meninggalkan benda-benda kecil di bagian bawah atau di kolom-kolom. Hal itu dikarenakan tinggi anak-anak berbeda dengan tinggi orang tua. Anak-anak dapat melihat dan menemukan benda-benda di kolom yang tidak dijangkau orang tua.

2. Orang tua menempatkan benda-benda kecil apalagi benda berbahaya di tempat yang aman

Ariani menyarankan agar benda-benda kecil dan benda berbahaya bisa diletakkan di dalam kotak atau di atas lemari. Agar anak-anak tidak bisa menjangkaunya. 

3. Orang tua meletakkan benda berbahaya di tempat yang terkunci

Ariani menjelaskan alasan orang tua perlu meletakkan benda berbahaya di tempat yang terkunci agar anak-anak tidak bisa mengambil benda tersebut dengan mudah. 

4. Orang tua tidak boleh menyimpan cairan berbahaya di dalam botol air mineral

Ariani mencontohkan cairan berbahaya yang paling sering disimpan di dalam botol air mineral yaitu air aki dan minyak tanah. Biasanya anak-anak bahkan orang dewasa tidak sengaja meminum dikarenakan warnanya sama dengan air mineral.

Sebagai penutup, Ariani menekankan perlu adanya peningkatan awareness pada parents, bahkan semua orang agar agar jangan sampai benda-benda di sekitar bisa membahayakan bayi dan anak-anak. (Wehernius Irfon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: idai