Memastikan Manfaat Program CSR

Memastikan Manfaat Program CSR

Ilustrasi CSR PT Freeport Indonesia.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

SALAH satu kewajiban perusahaan multinasional seperti PT Freeport Indonesia (PT FI) yang beroperasi di kawasan JIIPE Gresik adalah program CSR (corporate social responsibility). 

Di tengah keterbatasan dana pembangunan yang dimiliki dan kewajiban pemerintah daerah untuk menangani masalah sosial seperti kemiskinan, kesehatan, ketenagakerjaan, kesejahteraan perempuan dan anak, dan lain-lain, kehadiran sektor swasta/perusahaan untuk membantu menangani masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat sungguh sangatlah penting. 

Di abad milenium ini, jaminan kelangsungan dunia usaha seperti PT FI tidaklah mungkin hanya digantungkan pada keuntungan dan akumulasi modal semata, tanpa mempertimbangkan kondisi kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. 

BACA JUGA: Manfaat Pembangunan Kawasan JIIPE dan Smelter

BACA JUGA: Capres-Cawapres Membincang Kedaulatan Pangan

Selama ini, banyak bukti menunjukkan bahwa kelangsungan dunia usaha tidak lagi hanya ditentukan kekuatan modal dan perlindungan dari para pemegang kekuasaan, tetapi kelangsungan perusahaan justru paling utama harus ditopang dan bergantung pada dukungan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya atau masyarakat dalam konteks yang lebih luas. 

Seperti ditegaskan dalam Trinidad and Tobaco Bureau of Standards (TTBS), yang dimaksud dengan corporate social responsibility pada hakikatnya adalah komitmen dunia usaha untuk bertindak etis, beroperasi secara legal, dan berkontribusi untuk peningkatan ekonomi bersamaan dengan peningkatan kualitas hidup dari karyawan dan keluarganya, komunitas lokal dan masyarakat secara lebih luas (Budimanta, Prasetijo & Rudito, 2004: 72).

BACA JUGA: Wapres Kunjungi JIIPE, Smelter Freeport Bisa Beroperasi Lebih Cepat

BACA JUGA: Peringatan Dies Natalis Ke-69 Universitas Airlangga: Lewat Game Building, Bangun Solidaritas

Program CSR wajib dikembangkan perusahaan mana pun dengan maksud untuk mendorong dunia usaha agar bertindak lebih etis dalam menjalankan aktivitasnya agar tidak berpengaruh atau berdampak buruk pada masyarakat dan lingkungan hidupnya. 

Dengan demikian, pada akhirnya dunia usaha akan dapat bertahan secara berkelanjutan untuk memperoleh manfaat ekonomi yang menjadi tujuan dibentuknya dunia usaha.

 

Rekrutmen Pekerja

Selama ini telah banyak kegiatan CSR yang dikembangkan PT FI bagi masyarakat di sekitar lokasi proyek, apakah itu dalam bentuk community development, charity, atau kegiatan-kegiatan filantropi lainnya. Yang menjadi masalah, meski banyak program telah digulirkan ke masyarakat, efektivitas manfaatnya harus diakui masih belum optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: