Wapres Kunjungi JIIPE, Smelter Freeport Bisa Beroperasi Lebih Cepat

Wapres Kunjungi JIIPE, Smelter Freeport Bisa Beroperasi Lebih Cepat

Wapres KH Ma'ruf Amin menyampaikan keterangan pers saat meninjau Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE, Manyar, Gresik.-Setwapres-

GRESIK, HARIAN DISWAY - Kawasan  Ekonomi Khusus (KEK) Industri Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE) di Kecamatan Manyar, Gresik, ditargetkan dapat menarik investor untuk berinvestasi di Indonesia. Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Rabu, 8 Februari 2023, meninjau kawasan Industri yang menyatu dengan pelabuhan tersebut. 

Di 2023 ini, pemerintah Indonesia menargetkan investasi yang masuk di Indonesia sebesar Rp 1.400 triliun. Adanya peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) Cipta Kerja, menjadi salah satu upaya mendorong investasi. Yaitu melalui kemudahan dalam memiliki usaha dan memberikan pelayanan.

“Pemerintah mendukung upaya investasi ini melalui Perppu Cipta Kerja. Mengakomodasi berbagai masalah, termasuk kemudahan berusaha. Juga pelayanan dan penyediaan,” kata Ma’ruf Amin. ”Perppu itu menjadi bagian dari usaha untuk menarik investasi,” tambahnya.

BACA JUGA:Dahlan Iskan Puji Konsep JIIPE

Di sisi lain, keberadaan smelter Freeport di JIIPE merupakan bagian dari hilirisasi yang dicanangkan pemerintah. Ia pun optimistis karena pembangunannya berjalan terus dan tidak berhenti. 

Keberadaan smelter itu nantinya dapat menyerap tenaga kerja cukup banyak. Diperkirakan mencapai 200 ribu tenaga kerja. Karena itu, ia meminta agar Pemprov Jatim dapat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

“Karena itu, pak wakil gubernur (Emil Elestianto Dardak), saya kira harus menyiapkan tenaga terampil dan melakukan berbagai pelatihan,” ucapnya.

Menurut Wapres, JIIPE ini akan menjadi masa depan Indonesia. Sebab, sebagai salah satu KEK, JIIPE dapat memberikan banyak kesempatan untuk rakyat dan menaikkan perekonomian.

”Progress pembangunannya sudah 54 persen. Saya optimistis ini bisa selesai lebih awal. Artinya target untuk pengoperasian penuh Mei 2024 bisa dimajukan,” ujar Ma'ruf.

Ia berharap investasi di JIIPE terus ditingkatkan. Dalam kurun waktu lima tahun, JIIPE ditargetkan dapat menyerap investasi asing sekitar USD 7,5 miliar. Dalam waktu 15 tahun, harus mengumpulkan kurang lebih USD 16 miliar.


Wapres KH Ma'ruf Amin naik bus keliling kawasan JIPPE-Setwapres-

Wagub Emil Elestianto Dardak menyampaikan bahwa Pemprov Jatim terus berusaha mengoptimalkan JIIPE untuk merangkul investor. ”Jadi JIIPE ini akan menyerap tenaga kerja yang besar. Makanya kalau arahan dari Pak wapres, kita harus menyiapkan tenaga kerja terampil dan melakukan training vokasi sesuai dengan tuntutan industri,” ucap Emil.

Total luas JIIPE adalah 3.000 hektare. 400 hektare di antaranya merupakan pelabuhan. Sementara 1.800 hektare lainnya adalah kawasan industri. Adanya pelabuhan itu membuat biaya transportasi bisa lebih efisien 20 persen.  Sehingga pendanaan dapat difokuskan ke tingkat urgensi yang lebih tinggi. Hingga saat ini, sudah ada 300 hektare kawasan industri yang terisi. Nantinya, akan ada 200-300 hektare lahan lagi yang terisi.

Itu terjadi seiring dengan masuknya beberapa pabrik baterai pada tahun ini dan tahun depan. Dengan begitu, pengisian lahan akan mendekati 40 persen pada akhir tahun depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: