Rahmat Adi Mulyono Genggam Tiket Olimpiade Paris 202 Setelah Raih Emas IFSC Asian Qualifier Jakarta 2023

Rahmat Adi Mulyono Genggam Tiket Olimpiade Paris 202 Setelah Raih Emas IFSC Asian Qualifier Jakarta 2023

Rahmat Adi Mulyono (tengah) menjadi pemenang IFSC Asian Qualifier 2023 Jakarta setelah mengalahkan Kiromal Kabitin (kiri)-Ragil Putri Irmalia-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Rahmat Adi Mulyono menjadi atlet kelima yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Ia menjuarai IFSC (International Federation of Sport Climbing) Asian Qualifier Jakarta 2023 pada Minggu, 12 November 2023.

"Sangat senang dengan hasil ini. Apalagi kami sebagai tuan rumah, dengan hasil ini juga merupakan kerja keras tim Indonesia juga," ujar Adi selepas pertandingan.

Perjalanan Adi di IFSC Asian Qualifier Jakarta 2023 ini memang tidak mulus. Pada babak kualifikasi ia berada di posisi ke-8 dengan waktu 5,39 detik. Lalu di babak 16 besar Adi meraih waktu 5,12 detik dan mengalahkan Rishat Khainullin.

Adi menumbangkan kompatriotnya sekaligus pemegang rekor dunia speed, Veddriq Leonardo, di babak perempat final IFSC Asian Qualifier 2023 Jakarta. Adi mencatat waktu 4,99 detik. Sedangkan Veddriq sempat terpeleset dan gagal mengejar dalam waktu 7,35 detik. Adi memastikan diri ke final setelah unggul dalam waktu 5,10 detik dari Peng Wu (5,18 detik).

BACA JUGA:Panjat Tebing Indonesia Target Pertahankan Emas di IFSC World Cup 2023 Seri Jakarta

BACA JUGA:Jelang Laga Kontra Panama, Indra Sjafri Minta Warganet Jangan Berikan Tekanan Berlebihan Pada Timnas: Mereka Masih 17 Tahun!

Dalam ajang yang berlangsung di Lot 1, Gelora Bung Karno, Jakarta itu, menampilkan All Indonesian Final pada nomor speed putra. Adi mencatat waktu 5,35 detik di final. Ia mengalahkan Kiromal Katibin yang dinyatakan fall di babak pamungkas tersebut.

"Ini nomor speed. Dalam nomor ini problemnya cuma dua. Kalau tidak false start, ya fall. Yang ditekankan pelatih fokus ke diri sendiri. Jadi, siapapun yang lolos, berarti itu yang terbaik," lanjutnya.

Pada Olimpiade Paris 2024, panjat tebing telah meloloskan dua atlet pada nomor speed. Sebelumnya Desak Made Rita Kusuma Dewi sudah mengamankan tempat di multievent tersebut. Desak lolos setelah menjadi juara dunia pada Agustus lalu di Bern, Swiss.

BACA JUGA:Soal Oknum Polisi Pasang Baliho Prabowo-Gibran, Dasco: Tidak Masuk Akal

BACA JUGA:Jihad dan Perjuangan Santri di Kota Pahlawan

Meski telah meloloskan sepasang climber, Indonesia masih bisa menambah wakil lagi. Satu negara maksimal mengirimkan dua wakil dalam tiap nomor.

Harapan terakhir climber Indonesia yang lain ada pada Olympic Qualifier Series. Event tersebut akan memperebutkan total lima tiket.

Olympic Qualifier Series dijadwalkan dua kali. Pertama pada 16-19 Mei 2024 di Shanghai, Tiongkok. Kedua pada 20-23 Juni 2024 di Budapest, Hungaria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: