Kenali Risiko Diabetes Tipe 2, Pahami Cara Pencegahannya

Kenali Risiko Diabetes Tipe 2, Pahami Cara Pencegahannya

DOKTOR dr Soebagijo Adi menjelaskan materi mengenai risiko dan cara pencegahan diabetes tipe 2 dalam media briefing IDI. --

HARIAN DISWAY- Diabetes tipe 2 menjadi jenis Diabetes yang paling banyak dialami pasien Diabetes. Sekitar 90 persen dari semua jenis Diabetes.

Gejala diabetes bisa muncul secara diam-diam tanpa disadari pengidap diabetes. Bila tidak segera dideteksi dan ditangani, bisa berujung komplikasi yang sangat serius.

Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi) Dr dr Soebagijo Adi Soelistijo, SpPD-KEMD, FINASIM, menjelaskan bahwa 1 dari 2 orang dengan diabetes tidak sadar dirinya terkena diabetes.

Berangkat dari permasalahan itulah, Adi diberi kesempatan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk memaparkan materi mengenai risiko diabetes tipe 2 dan cara pencegahannya.

BACA JUGA: Peringati Hari Diabetes Dunia, IDI Bagikan Informasi Gejala dan Komplikasi Diabetes Melitus

BACA JUGA: Serba-Serbi Suntik Insulin untuk Penderita Diabetes

Risiko diabetes tipe 2 terbagi atas 6 faktor. Pertama, riwayat keluarga. Jika orang tua atau saudara terkena diabetes, risiko anggota keluarga lain terkena diabetes lebih meningkat.

“Kedua, mengenai berat badan. berat badan seseorang yang overweight atau obesitas bisa meningkatkan risiko terkena diabetes,” ujar Adi, 13 November 2023, dalam media briefing IDI.

Ketiga, faktor usia. Risiko orang terkena diabetes akan meningkat ketika orang tersebut sudah berada di atas 45 tahun. Keempat, persoalan etnis. Etnis Afrika, Afrika Karibia, dan Asia Tenggara lebih berisiko terkena diabetes.

Kelima, aktivitas fisik. aktivitas fisik yang kurang, tiduran sambil main gadget, dan hobi ngemil bisa menyebabkan obesitas dan resistansi insulin penyebab diabetes. Terakhir, diabetes gestational. Biasanya dialami wanita yang sedang hamil, bisa meningkatkan risiko terkena diabetes.

BACA JUGA: Siaga! 1.645 Anak Indonesia Kena Diabetes, Jakarta dan Surabaya Paling Banyak

Tak luput, Adi menyampaikan cara-cara mencegah agar orang bisa terhindari dari risiko terkena diabetes. Mengatur pola makan dan aktivitas fisik bisa menurunkan risiko terkena diabetes.

1. Diet

Secara umum, pasien diabetes atau bagi orang yang ingin mencegah diabetes dapat menghindari karbohidrat, lemak, dan gula yang tinggi, lalu perbanyak serat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: