Takut Kulit Bermasalah karena Cuaca Panas Ektrem? Ini 4 Cara Menghindarinya

Takut Kulit Bermasalah karena Cuaca Panas Ektrem? Ini 4 Cara Menghindarinya

Cuaca yang semakin panas tentu membuat kulit berisiko bermasalah. Tak perlu khawatir. Inilah empat cara menjaga kulit Anda agar tetap sehat. -iStock-

HARIAN DISWAY - Cuaca selama ini memegang peran cukup besar terhadap kesehatan tubuh kita. Tak terkecuali kulit. Bagian tubuh manusia ini tergolong sensitif dengan banyak hal di sekitarnya.

Ketika cuaca berubah menjadi panas ekstrem, risiko kulit mengalami permasalahan-permasalahan yang sebelumnya tidak muncul di cuaca normal menjadi semakin besar. 

Mulai dari kulit kering, kulit merah dan ruam, kulit gatal, hingga muncul bentol-bentol pada kulit. Semua ini bisa saja muncul secara tiba-tiba sebagai bentuk respons kulit pada lingkungan yang terlalu ekstrem.

Apabila permasalahan kulit belum begitu serius, hal itu dapat diatasi dengan menggunakan pelembab atau lotion.

Namun, jauh sebelum terkena masalah-masalah tersebut, ada baiknya untuk mencegah hal itu terjadi. Atau setidaknya menjaga agar kulit tetap sehat meski berada di cuaca yang ekstrem.

Jangan menunggu sudah bermasalah baru mencari alternatif untuk mengobatinya. Permasalahan kulit tentu akan lebih baik jika dikonsultasikan dengan dokter. Sehingga mendapatkan penanganan yang profesional.

BACA JUGA: Musim Panas Masih Berlanjut, Ini 6 Tip Jitu Mengatasi Kulit Belang Akibat Paparan Sinar Matahari

Namun, sebelum itu, empat cara ini bisa dilakukan secara mandiri di rumah untuk menjaga kulit agar tetap sehat di tengah cuaca panas yang ekstrem.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih selalu menjadi jawaban dari sekian banyak solusi dari permasalahan kulit. Begitu pula pada permasalahan kulit karena cuaca panas. Air putih harus dikonsumsi dalam jumlah yang cukup agar kulit tidak mengalami dehidrasi.
Jauh sebelum terkena masalah-masalah kulit karena cuaca panas, ada baiknya untuk mencegah hal itu terjadi. Atau setidaknya menjaga agar kulit tetap sehat meski berada di cuaca yang ekstrem. Salah satunya cukup minum air putih. -iStock-

Kulit yang mengalami dehidrasi biasanya berupa iritasi, kemerahan, dan kekeringan pada kulit. Sehingga mengkonsumsi air yang cukup menjadi hal yang mutlak di tengah cuaca panas yang menguras banyak keringat.

Tak hanya itu. Air bisa menghidrasi kulit dengan menyemprotkan air ke bagian-bagian kulit yang dirasa cukup kering saat itu. Maka, pastikan untuk menyediakan pasokan air yang cukup pada tubuh. Khususnya ketika beraktivitas di luar.

2. Pakaian yang Sesuai

Tak hanya upaya dari dalam. Upaya untuk menyehatkan kulit  dapat dilakukan dari luar. Salah satunya dengan mengenakan pakaian yang sesuai dengan keadaan lingkungan dan kondisi tubuh saat itu.
Jauh sebelum terkena masalah-masalah kulit karena cuaca panas, ada baiknya untuk mencegah hal itu terjadi. Atau setidaknya menjaga agar kulit tetap sehat meski berada di cuaca yang ekstrem. Di antaranya gunakan baju yang sesuai. -iStock-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber