Lewat Shopee 11.11 Big Sale, Brand Lokal dan UMKM Catatkan Peningkatan Transaksi hingga 7 Kali Lipat!
Ilustrasi: Brand lokal dan UMKM terus didorong untuk berkembang dan berdaya saing di ekosistem pasar digital--
Tidak hanya sebagai momen untuk mencari promo terbesar akhir tahun yang memberi banyak keuntungan, namun juga menggambarkan bagaimana para penjual di berbagai pulau Indonesia bersaing menghadirkan produk terbaiknya di platform Shopee.
Maka dari itu, tak heran jika beberapa pulau Indonesia memiliki tren produk paling larisnya masing-masing:
- Sebut saja pulau yang berada di paling barat Indonesia, yakni Pulau Sumatera. Ternyata minyak telon, popok bayi, dan kaus anak menjadi produk lokal dan UMKM yang paling banyak dibeli di puncak kampanye. Hal ini memperlihatkan kebutuhan produk dari kategori ibu dan anak menjadi tren yang sangat dicari saat ini bagi para ibu baru di Sumatera.
- Berlanjut ke pulau Jawa, sebagai pulau yang penduduknya paling besar, sepertinya tren belanja dipengaruhi oleh brand lokal yang semakin menjamur dengan kualitas produk yang tidak perlu diragukan. Terlihat pengguna banyak membeli hand & body lotion dan pelembab wajah dari brand lokal menjadi incaran untuk tampil maksimal. Namun, pencarian produk smartphone juga menjadi yang tertinggi di pulau ini.
- Berbeda dengan pulau Bali yang sering disebut sebagai surganya destinasi wisata. Justru menuju akhir tahun sepertinya pulau ini akan menjadi tempat berlibur yang akan ramai dikunjungi. Sejalan dengan hal tersebut, produk kebaya Bali, kacamata hitam, dan sunscreen, dan menjadi produk paling ramai dicari untuk mempersiapkan dalam menyambut para turis lokal maupun luar negeri.
- Ternyata musim di pulau Kalimantan Tsedang pancaroba dari panas menuju musim hujan. Produk seperti jas hujan, jaket pria dan wanita, serta hoodie, menjadi produk lokal dan UMKM paling laris di puncak kampanye 11.11. Terlihat pengguna sudah mempersiapkan perlengkapan untuk menyambut musim hujan akhir tahun.
- Selain itu, pulau Sulawesi juga memiliki banyak keberagaman dalam kebutuhan masyarakatnya. Temuan menarik dari perilaku belanja masyarakatnya, produk produk seperti kipas angin, lampu neon, serta panci dan wajan menjadi yang banyak dibeli di pulau Sulawesi. Sepertinya produk-produk dari kategori rumah tangga menjadi kebutuhan utama di pulau ini.
- Pulau Papua tak kalah mengejutkan dengan produk fashion seperti celana cargo, jam tangan pria, gelang couple, dan baju couple menjadi produk favorit masyarakat. Walau memang jauh dari Ibukota, masyarakat khususnya di pulau ini ternyata tetap up-to-date mengikuti tren yang ada, sehingga produk fesyen dan aksesori tersebut menjadi incaran warga di sana.
Berbagai tren yang terlihat di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale ini baik dalam pengaplikasian strategi bisnis para pelaku usaha lokal di Shopee maupun tren dan perilaku belanja daring pengguna setia menjadi dasar dan landasan bagi Shopee untuk terus berinovasi.
BACA JUGA: Klaim Kode Voucher Rahasia Shopee di Promo 11.11, Buat Belanja Miniso Sampai Oppo
Pengguna dapat menikmati berbagai penawaran terbaik hingga akhir tahun ini untuk mendapatkan pengalaman belanja yang nyaman dan menguntungkan.
Unduh aplikasi Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store, dan aktifkan ShopeePay untuk pengalaman belanja lebih nyaman dan praktis. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: