DCE Telkomsel Ajari UMKM Kembangkan Bisnis Lewat AI, Pendaftaraan Paling lambat 24 Desember 2025

DCE Telkomsel Ajari UMKM Kembangkan Bisnis Lewat AI, Pendaftaraan Paling lambat 24 Desember 2025

Telkomsel Digital Creative Entrepreneurs (DCE) mengajarkan pelaku UMKM mengembangkan bisnis dengan teknologi AI-Telkomsel -

Pendaftaran UKM lokal bidang Fashion, F&B, Personal Care, dan Craft paling lambat 24 Desember 2025

HARIAN DISWAYTelkomsel kembali menghadirkan Digital Creative Entrepreneurs (DCE) ke-5 di akhir tahun 2025 ini. DCE merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan Telkomsel yang berfokus pada pemberdayaan UKM melalui pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI).

Memasuki tahun kelima pelaksanaannya, DCE mengusung tema “AI‑Enabled SMEs Growth – How Locals Go Global” dan menyasar UKM dari empat track utama: Fashion, Food and Beverages (F&B), Personal Care, dan Craft.

Berdasarkan data, ada sekitar 64,2 juta UMKM di Indonesia yang sudah menyerap lebih dari 123 juta tenaga kerja pada tahun 2025.  Namun dari jumlah tersebut, UMKM yang telah “go digital” masih jauh dari target nasional.

Padahal, sebanyak 85.2 persen responden survei di 53 negara telah mengkonfirmasi teknologi seperti AI bisa mendukung operasional dan layanan. 

BACA JUGA:Telkomsel dan Kitabisa Gelar Operasi Katarak Gratis untuk 20 Veteran di Surabaya

Penguatan pada kurikulum DCE ke‑5 dirancang untuk jadikan manfaat AI terukur dan terimplementasi di aktivitas bisnis harian UKM lokal, agar dampaknya semakin konkret bagi peserta dan pelanggan mereka:

  • Business Diagnostic: audit aspek-aspek bisnis UKM untuk evaluasi Business Health Score.
  • Growth‑Focused Mentoring: pendampingan untuk peningkatan efisiensi dan jangkauan pasar.
  • AI Tools Training: praktik pemanfaatan AI untuk riset tren, perencanaan konten, inovasi produk.
  • Curated Local Showcase: pameran brand lokal unggulan di setiap kota penyelenggaraan.


VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Abdullah Fahmi -Telkomsel -

Rangkaian DCE ke‑5 difokuskan untuk meningkatkan kapabilitas UKM peserta melalui sejumlah tahapan:

  1. Kick‑Off: Jakarta (20 November)
  2. Roadshow: Makassar (27 November), Medan (4 Desember), Surabaya (11 Desember)
  3. Onboarding: 500 UKM dikenalkan ke ekosistem digital Telkomsel + solusi akselerasi bisnis
  4. Pitching Tracks: 24 UKM memaparkan rencana bisnis dan rencana implementasi digital
  5. Academy: 12 finalis mengikuti inkubasi intensif (mentoring, bootcamp)
  6. Summit/Awarding: Final pitch dan penentuan 5 pemenang DCE ke‑5 pada Juli 2026

VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Abdullah Fahmi mengungkapkan, sebagai wadah pembinaan, solusi, dan inkubasi, selama empat tahun terakhir DCE berfokus pada pemberdayaan dan transformasi digital UKM Indonesia.


Digital Creative Entrepreneurs (DCE) Telkomsel mengajarkan pelaku UMKM bagaimana memahami pelanggan lewat teknologi AI-Telkomsel -

BACA JUGA:Telkomsel Tanam 1.050 Mangrove di Surabaya, Aksi Nyata Kurangi Emisi Karbon

BACA JUGA:Hadirkan iPhone 17 Series dengan Paket Bundling Halo+, Telkomsel Tawarkan Promo Bayar 12 Bulan untuk 24 Bulan

Tahun ini, DCE hadir dengan semangat baru untuk memaksimalkan peran teknologi dan kecerdasan buatan dalam mengembangkan bisnis. "Dengan mengoptimalkan adopsi AI dalam peningkatan kapasitas dan kompetensi, kami berharap UKM Indonesia bisa terus belajar dan berkembang, bersama naik kelas dan berdaya saing global,” kata Fahmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: