Kenang Mendiang Istri, Jimmy Carter Ingat tentang Kode ILYTG yang Dibuatnya bersama Rosalynn

Kenang Mendiang Istri, Jimmy Carter Ingat tentang Kode ILYTG yang Dibuatnya bersama Rosalynn

JImmy Carter mengenang Rosalynn Carter, mantan ibu negara AS, yang meninggal pada usia 96 tahun, pada Minggu sore, 19 November 2023,di rumah lamanya di Plains, Georgia. --

HARIAN DISWAY - Tak mudah buat Jimmy Carter kehilangan Rosalynn Carter. Ia menyebut mendiang istrinya itu sebagai mitra setara dalam segalanya.

Menurut rilis berita dari The Carter Center, seperti dilansir People, mantan ibu negara itu meninggal pada usia 96 tahun, pada Minggu sore, 19 November 2023,di rumah lamanya di Plains, Georgia. Dia meninggal dengan damai didampingi keluarga di sisinya.

BACA JUGA: Ternyata Travis Kelce Dibantu Mak Comblang Saat Dekati Taylor Swift, Siapa?

Setelah kepergian Rosalynn, mantan presiden AS Jimmy pun merenungkan kebersamaan mereka selama beberapa dekade. Menyertai kepergiannya, Jimmy mengenang arti Rosalynn dalam hidupnya.

"Rosalynn adalah mitra setara saya dalam segala hal yang pernah saya capai. Dia memberi saya bimbingan dan dorongan yang bijaksana ketika saya membutuhkannya," ujarnya. 

Bagi pria 99 tahun itu, selama Rosalynn ada di dunia, hidupnya berkelimpahan cinta. "Dukungan dan dorongan selalu ada oleh dia yang mencintai dan mendukungku," ujarnya. “Selama Rosalynn ada di dunia, saya selalu tahu seseorang yang mencintai dan mendukung saya,” lanjut Jimmy.

Pada Februari 2023, Jimmy menghentikan penanganan medis pada istrinya. Ia memutuskan agar Rosalynn tetap dirawat di rumah.

Namun, pada Mei 2023 lalu, kesehatannya memburuk dan dia didiagnosis menderita demensia. Pada Jumat, 17 November 2023 lalu, kesehatannya semakin memburuk sehingga harus dibawa ke rumah sakit untuk dirawat hingga dia berpulang.

Bersama Rosalynn, karier politik Jimmy makin oke. Ketika mulai menanjak, Rosalynn bahkan menjadi penasihat setia suaminya.
Pernikahan Jimmy dan Rosalynn pada 1946 atau telah berlangsung selama 77 tahun. Dengan catatan itu, keduanya disebut sebagai pasangan mantan presiden terlama dalam sepanjang sejarah AS. Keduanya dianugerahi 4 anak serta 22 cucu dan cicit. --

Selama masa jabatan Jimmy sebagai presiden pada 1977 hingga 1981, Rosalynn pernah menjadi ketua kehormatan Komisi Kesehatan Mental Presiden yang membantu meloloskan Undang-Undang Sistem Kesehatan Mental pada 1980.

BACA JUGA: Selamat! Adele Menikah dengan Rich Paul, Simak Pengakuannya di Acara Alan Carr

Pernikahan Jimmy dengan Rosalynn telah berlangsung selama 77 tahun. Dengan catatan itu, keduanya disebut sebagai pasangan mantan presiden terlama dalam sepanjang sejarah AS.

Keduanya yang menikah pada 1946 itu memiliki putra-putri yakni John William "Jack", James Earl "Chip", Donnel Jeffrey "Jeff" dan Amy Carter. Plus 22 cucu dan cicit.

Ada yang unik dari Jimmy dan Rosalynn. Sebagai kekasih, mereka menciptakan akronim khas yakni ILYTG alias I Love You The Goodest. Akronim itu telah ada sejak era ayah dan ibu Jimmy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: