Guru SMPTAG Surabaya Masuk Tim Nasional Penyusunan Modul Ajar Kemendikbudristek

Guru SMPTAG Surabaya Masuk Tim Nasional Penyusunan Modul Ajar Kemendikbudristek

Aditya Yoastara S.Pd, guru bahasa Inggris SMPTAG Surabaya ditunjuk dalam Tim Modul Ajar sebagai penulis Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Dase D dan MA untuk kelas IX. -SMPTAG-

HARIAN DISWAY - SMPTAG Surabaya patut berbangga. Pasalnya sekolah itu menjadi satu-satunya perwakilan Sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta di Surabaya yang dilibatkan Pusat Kurikulum Pembelajaran (Puskurjar) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Untuk berpartisipasi dalam penyusunan kurikulum dan pengembangan pembelajaran. Tepatnya dengan penunjukkan Aditya Yoastara S.Pd, seorang guru bahasa Inggris SMPTAG Surabaya. Guru yang akrab disapa Adit tersebut ditunjuk dalam Tim Modul Ajar sebagai penulis Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Dase D dan MA untuk kelas IX. 

Modul ajar merupakan sekelompok dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit atau topik tertentu yang disusun berdasarkan ATP.

BACA JUGA: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tetap Meroket Walau Dihujar Gegara Putusan MK

Dijelaskan Adit, tema modul ajar berdasarkan buku teks ‘English for Nusantara’ memiliki tujuan memberikan manfaat kepada para pengajar Bahasa Inggris untuk seluruh SMP/MTs di Indonesia melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

“Penyusunan modul dilakukan bersama tim, namun pembagian tugas tetap bersifat individu. Saya bertanggung jawab dalam menyusun modul untuk kelas  IX dengan fokus pada chapter Narrative, khususnya materi mengenai cerita fiksi dan legenda Timun Mas,” jelasnya.

Nantinya proses pengerjaan modul akan berlanjut selama dua bulan, mulai dari mengidentifikasi kebutuhan penyusunan modul bahasa Inggris hingga review dan finalisasi. ”Linimasa proses pengerjaan memakan waktu sekitar dua bulan. Dimulai dari minggu kedua Oktober 2023 hingga finalisasi akhir pada Desember 2023,” ujarnya.

BACA JUGA:A Charity Ballet Performance oleh Belle Ballet School Persembahkan Tiga Tari Balet untuk Anak-Anak Panti

Modul ajar yang dikerjakanakan sesuai dengan rencana Kemendikbudristek dalam mencanangkan rilis Kurikulum Merdeka sebagai Kurikulum Nasional pada awal 2024. 

“Harapannya modul ajar ini sebagai pedoman untuk guru-guru bahasa inggris diseluruh Indonesia dan sebagai referensi bagaimanakah modul ajar ahasa Inggris yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Khususnya modul ajar yang siap pakai,” terangnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: