Sempat Dipecat, Sam Altman Kembali Menjadi CEO OpenAI, Siap Kerjasama dengan Microsoft

Sempat Dipecat, Sam Altman Kembali Menjadi CEO OpenAI, Siap Kerjasama dengan Microsoft

Sam Altman saat menjadi pembicara dalam acara OpenAI DevDay pada Senin, 6 November 2023. Kembalinya Sam Altman sebagai CEO OpenAI disambut baik oleh kemitraan. -Justin Sullivan/Getty Images-The Verge

Kabar kepulangan Sam Altman juga disambut baik oleh Emmet Shear sebagai mantan CEO OpenAI sementara kedua setelah Mira Murati. 

Shear menyebutnya sebagai “jalur yang memaksimalkan keselamatan sekaligus melakukan hal yang benar oleh semua pemangku kepentingan yang terlibat. Saya senang menjadi bagian dari solusi ini.”

Thrive Capital, salah satu investor besar OpenAI selain Microsoft, mengatakan bahwa kembalinya Altman adalah hasil terbaik bagi perusahaan dan karyawannya. Itu disebabkan bahwa mereka yang mengembangkan teknologi pada umumnya. 

“OpenAI berpotensi menjadi salah satu perusahaan paling berpengaruh dalam sejarah komputasi,” kata mitra Thrive Capital Kelly Sims dalam sebuah pernyataan yang dibagikan kepada The Verge.

“Sam dan Greg memiliki komitmen yang mendalam terhadap integritas perusahaan, dan kemampuan yang tak tertandingi dalam menginspirasi dan memimpin. Kami sangat bersemangat melihat mereka kembali ke perusahaan yang mereka dirikan dan membantu membangun perusahaan seperti sekarang ini,” tambah Kelly Sims.

BACA JUGA:OpenAI dalam Gejolak: Emmet Shear CEO Ketiga dalam Tiga Hari

Kembalinya Altman menimbulkan kejutan yang lebih besar daripada kepergiannya secara tiba-tiba pada hari Jumat sebelumnya. Dewan OpenAI tampaknya mantap dalam keputusan awal mereka untuk memecat Altman. 

Setelah pemecatan Altman sebagai CEO OpenAI, mereka memilih dua CEO baru untuk mencegah kemungkinan Altman kembali diangkat. Kedua CEO OpenAI saat itu adalah Mira Murati (CTO OpenAI) dan Emmett Shear (mantan CEO Twitch).

Di sisi lain, karyawan OpenAI memberikan perlawanan, yaitu mengancam untuk bergabung dengan Microsoft bersama Altman dan salah satu pendirinya, Brockman, kecuali jika dewan direksi mengundurkan diri.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beberapa sumber