Bertemu Milenials dan Gen Z, Anies Janji Permudah KPR untuk Semua

Bertemu Milenials dan Gen Z, Anies Janji Permudah KPR untuk Semua

Anies Baswedan janjikan kemudahan KPR pada generasi z dan millenial di Jakarta, Jumat, 24 November 2023-Tim AMIN-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Calon presiden (capres) dari koalisi perubahan untuk persatuan Anies Baswedan kembali menegaskan komitmennya untuk mempermudah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Terutama untuk generasi millennial dan z.  

Hal itu ia ungkapkan dalam Indonesia Millennial and Gen Z Summit di Senayan Park, Jakarta Pusat, Jumat, 24 November 2023. 

Dalam kesempatan tersebut Anies banyak mendapat pertanyaan yang berisi keresahan dari para anak muda salah satunya soal kepemilikan hunian. 

BACA JUGA:Prabowo: Indonesia Jangan Cuma Jadi Pasar Jepang

Sebagai bentuk komitmen untuk mempermudah proses kredit pemilikan rumah (KPR), mantan Gubernur DKI Jakarta itu berencana mereformasi sistem KPR di Indonesia.

"Ini salah satu agenda utama kita (bersama Muhaimin Iskandar), melakukan reformasi KPR,” kata Anies. 

Anies memberi nama program tersebut “KPR untuk semua”. “Kita ingin agar kredit perumahan rakyat  lebih mudah agar jangan ada lagi plesetan KPR menjadi 'Kapan Punya Rumah', tapi kita menginginkan agar aturan-aturan untuk penunjang bagi pembangunan rumah itu dimudahkan," terang Anies. 


Contoh rumah subsidi di wilayah Bogor sesuai spek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat-Sikumbang PUPR-

Namun kepada para anak-anak muda tersebut, Anies mengatakan bahwa dirinya harus menang untuk memastikan perubahan tersebut bisa terjadi. 

"Pertanyaannya sistem KPR saat ini mau diteruskan atau diubah? Kalau mau diteruskan ya pilih yang melanjutkan. Tapi kalau mau yang diubah, pilih yang mau lakukan perubahan," tambahnya.

BACA JUGA:Satgas Mafia Tanah Polda Jatim Raih Penghargaan Menteri ATR/BPN

Menurutnya ada dua sasaran utama dalam rencana reformasi KPR tersebut. Pertama, mereka yang bekerja di sektor informal bisa mendapatkan akses KPR. Kemudian Kedua, Anies ingin para pekerja independen, seperti seniman, budayawan, tokoh agama, tokoh sosial, hingga tokoh masyarakat bisa mandiri.

Menurut data yang dimilikinya, lebih dari 85 persen masyarakat Indonesia saat ini membangun rumahnya sendiri tanpa bantuan kontraktor. 


Anies Baswedan dalam millenial dan gen Z summit di Senayan Park, Jakarta, Jumat, 24 November 2023-Tim AMIN-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: