Warga 4 Desa Terdampak TPA Jabon Terima Bantuan Pemkab Sidoarjo

Warga 4 Desa Terdampak TPA Jabon Terima Bantuan Pemkab Sidoarjo

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menyerahkan bantuan kepada warga desa terdampak TPA Jabon.-Humas Pemkab Sidoarjo-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Sebanyak 3.599 Kartu Keluarga (KK) di empat desa Kecamatan Jabon, Sidoarjo, menerima bantuan finansial dari Pemkab Sidoarjo. Bantuan disalurkan kepada warga ini besarannya bervariasi antara Rp 250 ribu hingga Rp 340 ribu per KK. Penyaluran langsung ditransfer ke rekening warga.

Mereka mendapatkan bantuan karena lokasi rumahnya berdekatan dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Griyo Mulyo, Kecamatan Jabon. Bantuan ini sebagai imbas atas dampak keberadaan TPA Jabon kepada kehidupan mereka.

Keempat desa tersebut adalah Desa Tambak Kalisogo, Desa Balongtani, Desa Semambung, dan Desa Kupang. Bantuan terbesar diterima warga Desa Kupang. “Karena mereka berdekatan langsung dengan sanitary landfill,” ujar H. Ahmad Muhdlor Ali, S.IP atau biasa disapa dengan Gus Muhdlor, Sabtu, 24 November 2023.

BACA JUGA:Sertifikasi Aset Korban Lumpur Sidoarjo yang Mangkrak 15 Tahun Tuntas

BACA JUGA:Pemkab Sidoarjo Rampungkan 2 Jembatan Kereta Api Krian dan Tarik, Uji Coba Akhir 2023

Bantuan tersebut adalah bentuk kepedulian Pemkab Sidoarjo. Total penyaluran bantuan sebesar Rp 1 miliar. Kepedulian lain yang dilakukan pemkab terhadap warga dengan cara merekrut mereka sebagai tenaga kerja mulai dari pemilah sampah hingga staf. 

Jumlahnya sekitar 50 persen pekerja di TPA Jabon. Mereka sebagian menjadi Tenaga Harian Lepas (THL) dan pegawai negeri sipil (PNS). “Itu akan meningkatkan pemberdayaan, dan mengurangi angka pengangguran," tandas Gus Muhdlor. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: