Wawali Pasuruan Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan untuk Bertani

Wawali Pasuruan Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan untuk Bertani

Mas Adi mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah untuk menjadi ketahanan pangan -Dinas Kominfotik Kota Pasuruan-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo menebar benih ikan nila sekaligus "sinau bareng” pembuatan pupuk organik di KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) Maju Bersama, Kelurahan Purworejo, Kota Pasuruan, Sabtu, 25 November 2023.

Dalam sambutannya, Mas Adi menyampaikan bahwa saat ini pangan menjadi persoalan serius. Kegiatan itu diharapkan mampu mengungkit dan mendukung kebutuhan-kebutuhan masyarakat, terutama yang berkaitan dengan ketahanan pangan keluarga.


Wawali Pasuruan Adi Wibowo menebar benih ikan nila di KRPL Kelurahan Purworejo -Dinas Kominfotik Kota Pasuruan-

“Sebab, nyatanya dalam pemenuhan bahan pangan, kita masih banyak mengimpor dari luar negeri. Untuk itu, dengan lahan dan pekarangan yang dimiliki ini, perlu kita manfaatkan dengan baik,” ujarnya.

BACA JUGA: Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal di Kota Pasuruan Diisi Perlombaan Antarinstansi

Mas Adi menyebutkan, hal itu seiring dengan komitmen Pemerintah Kota Pasuruan untuk membangun sektor pertanian dengan konsep pertanian perkotaan. Menurutnya, pemahamanan tentang pembuatan pupuk organik menjadi penting dalam pemanfaatan lahan.

“Sinau bareng ini menjadi penting dengan harapan lahan-lahan yang kita miliki ini mampu dimanfaatkan dengan baik, yang mana manfaat ekonominya dapat dirasakan masyarakat sekitar, dengan hasil yang dapat dipanen,” ujar Mas Adi.

Dengan keterbatasan lahan yang ada di Kota Pasuruan, Mas Adi berharap agar masyarakat dapat terus meningkatkan kreativitas untuk dapat mengoptimalkan potensi yang ada.

BACA JUGA: Komite Ekonomi Kreatif Dikukuhkan, Gus Ipul Berharap Kota Pasuruan Menjadi Kota Kreatif

“Saat ini para petani juga mengeluhkan persoalan pupuk yang mahal dan stoknya tidak tersedia. Kita dapat memanfaatkan beberapa potensi yang ada di sekitar kita untuk diubah menjadi pupuk, ini juga lebih aman karena dari bahan organik,” ucap Mas Adi.

Apalagi, memasuki musim hujan dan nataru yang rentan akan naiknya harga pangan, Mas Adi mengimbau masyarakat untuk melakukan budi daya cabai dan terong di pekarangan rumah. Terlebih, budi daya ikan untuk tetap menjaga ketahanan pangan serta meningkatkan gizi masyarakat.

“Sekecil apa pun peluang, kalau kita mampu memanfaatkan dengan baik, tentu akan punya kontrubusi yang cukup signifikan,” kata Mas Adi.

BACA JUGA:  Rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Kota Pasuruan: Masyarakat Kota Pasuruan Nikmati Pelayanan Kesehatan Gratis

Sebelum menutup sambutannya, Mas Adi memberikan apresiasi kepada KRPL Maju Bersama Kelurahan Purworejo. Terlebih, kegiatan itu adalah insiatif dari masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: