Rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Kota Pasuruan: Masyarakat Kota Pasuruan Nikmati Pelayanan Kesehatan Gratis

 Rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Kota Pasuruan: Masyarakat Kota Pasuruan Nikmati Pelayanan Kesehatan Gratis

WALI KOTA Pasuruan Saifullah Yusuf mencoba alat pengukur tensi darah modern di pelayanan kesehatan gratis pada peringatan HKN di Kota Pasuruan. -Lailiyah Rahmawati-

PASURUAN, HARIAN DISAY - Dinas Kesehatan Kota Pasuruan menggelar berbagai kegiatan pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59. Bertajuk Pasuruan Public Health Expo 2023, acara diawali dengan dibukanya berbagai pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang diadakan di Gedung Gradhika dan Gedung Kesenian Dharmoyudo, Kota Pasuruan, Selasa, 21 November 2023. 

Malamnya, masyarakat diajak menikmati penampilan Guyon Waton di GOR Untung Suropati. 

BACA JUGA: Usai Payung Madinah, Gus Ipul Hadirkan Replika Kakbah di Pasuruan

Layanan gratis yang diberikan dalam kegiatan Pasuruan Public Health Expo 2023, antara lain, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan laboratorium, kesehatan jiwa, refraksi mata, kesehatan tradisioanal dan konseling gizi, serta screening PTM. 

Tidak hanya itu, dalam kegiatan tersebut masyarakat juga diberi informasi tentang perkembangan dunia kesehatan dan lifestyle.

BACA JUGA: Website PCNU Pasuruan, Menuju Digitalisasi Dakwah 

Pasuruan Public Health Expo 2023 yang mengusung tema Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju dibuka langsung oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Gus Ipul mengemukakan upaya serius dirinya untuk memperbaiki pelayanan kesehatan di Kota Pasuruan.

”Dinas kesehatan terus berinovasi, baik segi teknologi kesehatan, layanan kesehatan, maupun sumber daya manusianya,” ujar Gus Ipul.

BACA JUGA: Gus Ipul Melepas 10 Ribu Peserta Jalan Sehat Sarungan

Gus Ipul juga mengatakan, salah satu layanan kesehatan unggulan yang patut diapresiasi adalah layanan terintegrasi Buih Jadi Permadani (Ibu Hamil Jalani Persalinan Aman Dapat Foto Bayi, Akta Kelahiran dan BPJS) di Puskesmas Karangketug yang mendapatkan penghargaan sebagai inovasi terpuji oleh Pemprov Jatim.

”Harapan kami, dengan inovasi tersebut, layanan administrasi kependudukannya secara terintegrasi dapat dilayani,” ujar Gus Ipul.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan dr Shierly Marlena menjelaskan, Dinas Kesehatan Kota Pasuruan menggelar berbagai kegiatan. 

BACA JUGA: Gus Ipul Bagikan Gerobak Gratis untuk PKL dan Imbau Pedagang Jaga Higienitas Mamin

Yakni, pemberian pengharagaan bidang kesehatan kepada tenaga kesehatan, kader, puskesmas, klinik, apotek, dan kelurahan yang telah berdedikasi untuk meningkatkan derajat kesehatan, launching inovasi Pelangi Istimewa dan Kick OFF Integrasi Layanan Primer di Kota Pasuruan, senam dan seminar kesehatan, public health fair, serta bazar UMKM. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: