Entaskan Kemiskinan, KIP-Prabowo Sidoarjo Bergerak untuk Menang

Entaskan Kemiskinan, KIP-Prabowo Sidoarjo Bergerak untuk Menang

KIP Prabowo Gibran saat deklarasi di Sidoarjo.-KIP Prabowo Gibran-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY – Sebagai kota penyangga Surabaya, Sidoarjo harus bergerak cepat dalam pertumbuhan ekonominya. Termasuk upaya menekan angka kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan. Penduduk kabupaten ini berjumlah 2.033.764 jiwa pada tahun 2021 mengandalkan pertumbuhan ekonomi di bidang perikanan, industri, dan jasa.

Mengawal memaksimalkan potensi daerah ini lah yang diusung Komite Independen Pemenangan (KIP-Prabowo) di Sidoarjo. Fandi Utomo, Penasehat KIP-Prabowo menjelaskan, Sidoarjo dikenal dengan sebutan Kota Petis. Banyak perusahaan besar yang menanamkan modalnya di Sidoarjo: PT Insera Sena (Polygon), Maspion Group, Integra Group, PT Avia Avian, PT Interbat; dan sektor industri kecil berkembang pesat seperti kerajinan tas, koper tanggulangin, sepatu, sandal, serta industi makanan (kerupuk, kupang lontong, bandeng asap), dan minuman. 

Sektor wisata juga tumbuh pesat di Sidoarjo. "Ada wisata Candi Pari, Taman Tanjung Puri, Taman Abhirawa, Museum Mpu Tantular, dan lain-lain," ujarnya saat memberi pengarahan dalam deklarasi KIP Prabowo-Gibran di Sidoarjo, Minggu, 26 November 2023 malam.

Fandi mengungkapkan, berdasarkan data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) Sidoarjo terkait kondisi ketenagakerjaan Sidoarjo 2022 bahwa sebanyak 118,06 ribu orang di Sidoarjo kini sedang menganggur (tingkat pengangguran terbuka). Meskipun ada tren menurun setiap tahun, tetapi angka TPT Sidoarjo masih tertinggi di Jawa Timur.

BACA JUGA:KIP-Prabowo Usung Misi Perluas Lapangan Kerja di Mojokerto

BACA JUGA:KIP-Prabowo Usung Misi Kesehatan dan Kesejahteraan di Pamekasan  

Hal ini disebabkan karena kondisi investasi di Kabupaten Sidoarjo mengalami penurunan. Pasalnya di akhir tahun 2020 terdapat 11 perusahaan dan 2021 terdapat 19 perusahan yang pindah dari Sidoarjo. Sebagian besar perusahaan tersebut adalah perusahaan padat karya. 

"Alasan terbesar pindahnya beberapa perusahaan dari Kabupaten Sidoarjo adalah tingginya upah minimum kabupaten (UMK) (Laporan Akhir Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupagen Sidoarjo 2022)," ungkapnya 

Oleh karenanya, menurut Penasehat KIP Prabowo Fandi Utomo, salah satu Program kerja Prabowo-Gibran adalah melanjutkan program kerja Joko Widodo yang berhasil menurunkan jumlah Penduduk Miskin 9,57% terendah sepanjang sejarah, Neraca Dagang Surplus US$ 54,4 miliar tertinggi sepanjang sejarah Cadangan Devisa US$ 137 miliar tertinggi sepanjang sejarah Pertumbuhan Ekonomi 5,2% (Q2 2023) kedua tertinggi di G20 Tingkat Inflasi 3,3% salah satu terendah di G20 Utang Pemerintah 38% dari PDB salah satu terendah di G20 Nilai Tukar Rupiah Menguat 2,1% (YTD Agustus 2023) keempat terbaik di G20.

Pindahnya perusahaan-perusahaan dari Sidoarjo bisa diatasi melalui Program Kerja Prabowo-Gibran dengan melanjutkan dan menambahkan program kartu-kartu kesejahteraan sosial serta kartu usaha untuk menghilangkan kemiskinan absolut, Kartu Indonesia Sehat (KIS), KIS Lansia, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Sembako, Kartu Prakerja, MEKAR, Program Keluarga Harapan akan dilanjutkan, dan menambahkan Kartu Anak Sehat. 

BACA JUGA:Prabowo Berdiskusi dan Terima Masukan dari 68 Kiai di Ponpes Langitan, Tuban

BACA JUGA:Nusron Wahid Klaim Mayoritas Masyayikh Di Jawa Timur Dukung Prabowo

Selain itu program Kredit Usaha Tani, Perternakan, Perikanan, Perkebunan, Produksi Pangan Rakyat, Nelayan, Pesisir, Industri Hilir UKM, Kredit untuk usaha Start Up dan kredit untuk para millenial akan didorong, diperluas, dan diperbanyak untuk menjadi garda terdepan dalam upaya peningkatan wirausaha dan dapat menumbuhkan wirausaha wirausaha baru, terutama di kalangan anak muda.


Jajaran pengurus KIP Prabowo Gibran wilayah Sidoarjo dan penasehat KIP Praboro Gibran, Fandi Utomo (dua dari kiri).-Humas KIP Prabowo-Gibran-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: