Umrah Bersama Mabruro (13): Hari Ini Mendarat di Bandara Juanda

Umrah Bersama Mabruro (13): Hari Ini Mendarat di Bandara Juanda

Jamaah umrah Mabruro menikmati nasi kebuli di kota Thaif. Foto kanan, Babinsa Kendalbulur, Tulungagung, Serma Rony Setyawan di Masjid Abdullah bin Abbas.-Dokumentasi Mabruro-

Kota Thaif di Arab Saudi menyimpan sejarah peradaban awal Islam, sekaligus sejarah dakwah Nabi Muhammad SAW. Para jamaah umrah Mabruro, termasuk tiga pilar Desa Kendalbulur, Tulungagung, mendapat kesempatan untuk berziarah ke kota tersebut.

---

MASJID Abdullah bin Abbas memiliki dinding batu berarsitektur khas Timur Tengah. Bagi para muslim, masjid itu memiliki keistimewaan. Saksi bisu interaksi yang pernah terjadi antara Nabi Muhammad SAW dan sepupu sekaligus sahabatnya, Abdullah bin Abbas.

Mabruro Travel Umrah dan Haji Khusus memberi fasilitas bagi para jamaah umrah untuk pergi ke kota tersebut. Mengunjungi Masjid Abdullah bin Abbas, atau Abdullah Ibn Abbas, dan melakukan salat Tahiyatul Masjid. 

Pun jamaah umrah dari Desa Kendalbulur, Tulungagung. Tiga pilar yang berkesempatan umrah setelah menjadi juara Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023 yang digelar Pemprov Jatim, Polda Jatim, Kodam V/Brawjaya, dan Harian Disway. Yakni Kepala Desa Anang Mustofa, Babinsa Serma Rony Setyawan, dan Bhabinkamtibmas Aipda Agus Wahyudi.

"Kami sudah melakukan salat Tahiyatul Masjid di Masjid Abdullah bin Abbas. Alhamdulillah, pengalaman yang tentu sangat berkesan," ungkap Serma Rony. 

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (12): Alhamdulillah Seluruh Jamaah Berhasil Mencium Hajar Aswad

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (11): Misi Mencium Hajar Aswad

Dalam foto yang dibagikan Ustad Sholeh bin Warsad, pendamping para jamaah Mabruro, Serma Rony terlihat semringah. Ia berpose di dalam Masjid Abdullah bin Abbas. Lantainya adalah karpet berwarna merah.

Masjid tersebut dibangun pada 592 H. Tepat di sebelah timur, bersebelahan dengan masjid tersebut, terdapat perpustakaan yang juga diberi nama Abdullah bin Abbas. Ia merupakan sepupu sekaligus sahabat Rasulullah.

Wawasan dan ilmu yang dimiliki Abdullah bin Abbas sangat luas dan dalam. Ia menurunkan seluruh khalifah dari Bani Abbasiyah, pun, banyak hadits sahih yang diriwayatkan melalui sahabat Rasul tersebut.

Makam tokoh tersebut berada di samping masjid. Yakni persis di sebelah ruang salat untuk perempuan. Selain makam Abdullah bin Abbas, ada pula makam tokoh Islam. Yakni Imam Muhammad bin Al Hanafiyah bin Ali Ibnu Abi Thalib. Yakni putra dari Sayyidina Ali dari istri selain Fatimah.

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (10): Takjub saat Berada di Arafah

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (9): Hati Berdesir Melihat Kakbah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: