Cegah Sugar Craving pada Anak, Ini 5 Langkah yang Dapat Bunda Terapkan

Cegah Sugar Craving pada Anak, Ini 5 Langkah yang Dapat Bunda Terapkan

Cara mencegah sugar Craving yang Bunda wajib tahu-iStock-

HARIAN DISWAY – Makan manis merupakan makanan favorit bagi anak-anak. Keinginan untuk memakan makanan manis sudah terpogram di otak si kecil sehingga tidak jarang mereka akan marah jika tidak diizinkan memakan makanan manis.

Kondisi ini sering dikenal dengan istilah sugar craving, yaitu kondisi seseorang yang memiliki keinginan untuk selalu mengonsumsi sesuatu yang manis dan sulit untuk mengontrol dan menguranginya.

Sugar craving dapat berbahaya bagi pertumbuhan anak jika dibiarkan terus-menerus. Nah, berikut lima cara mencegah sugar craving pada anak.

BACA JUGA: Anak-Anak Palestina di Gaza: Mama, Apakah Kami Akan Mati?

1. Mengatur Pola Makan Anak agar Kenyang Lebih Lama

Aturlah pola makan anak dengan memberikan mereka makanan yang banyak mengandung protein dan serat serat, seperti gandum dan buah-buahan setiap 2-4 jam sekali.

Dengan menjaga anak tetap merasa kenyang, maka akan mengurangi keingan anak untuk mengonsumsi camilan manis yang berdampak buruk bagi mereka.

2. Mengalihkan Perhatian Anak

Ketika anak sudah mulai merengek minta makanan manis seperti cokelat, permen dan lain-lain, maka orang tua bisa mengalihkan perhatian anak dengan bermain di luar rumah melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan bagi anak.

Atau bunda juga bisa memasak bersama anak sembari member pemahaman pada mereka untuk mengurangi konsumsi makanan manis.

3. Tidak Memberikan Makanan Manis sebagai Hadiah

Seringkali orang tua akan memberikan hadiah pada anak mereka ketika si anak berhasil menuruti perintah atau memalukan sesuatu hal yang baru.

Namun, sayangnya kebanyakan orang tua memberikan makanan manis sebagai hadiah karena si kecil sangat menyukainya. Padahal hal tersebut malah dapat berbahaya pada kesehatam mereka.

Oleh karena itu, orang tua bisa mengganti hadiah dengan memberikan sesuatu yang lain seperti buku mewarnai, buku cerita ataupun yang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber