Bersama Delegasi Kampus Malaysia, Untag Selenggarakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Bertajuk Community Service di Mojokerto

Bersama Delegasi Kampus Malaysia, Untag Selenggarakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Bertajuk Community Service di Mojokerto

Foto bersama mahasiswa Untag Surabaya, mahasiswa UniMAP, Dosen Pendamping Lapangan, dan Kepala Desa Siandi dalam kegiatan kolaborasi Pengabdian Masyarakat di Desa Kebontunggul, Mojokerto.--

HARIAN DISWAY- Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya bekerja sama dengan Universiti Malaysia Perlis (UniMAP) Malaysia menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Kebontunggul, Mojokerto.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya Untag untuk menggencarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus mendorong pengembangan potensi lokal.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 24 November sampai 26 November 2023. Kegiatan tersebut diikuti 4 mahasiswa Untag Surabaya dan 12 mahasiswa UniMAP beserta 5 Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

“Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kerjasama antara Untag Surabaya dengan UniMAP Malaysia yang sudah diawali dari penelitian bersama,” ujar Ketua LPPM Untag Surabaya Aris Heri Andriawan, S.T., M.T dalam sambutannya di upacara pembukaan di Balai Desa Kebontunggul.

BACA JUGA: Harian Disway Dikunjungi Delegasi Kampus Malaysia yang Gandeng Untag Surabaya

Aris melanjutkan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertajuk Community Service bagi masyarakat Desa Kebontunggul. 

Pemilihan lokasi Desa Kebontunggul, kata Aris, dia melihat adanya potensi dasar di desa tersebut sekaligus rupanya Desa Kebontunggul menjadi desa binaan Untag Surabaya.

“Kegiatan kolaborasi ini bertujuan untuk memperkuat dan melakukan pendampingan pengembangan tanaman toga,” ungkap Aris.

“Selain itu, melalui kegiatan ini juga mahasiswa akan mengeksplorasi beberapa objek wisata dengan memberikan bantuan publikasi, sehingga masyarakat akan lebih mengenal desa ini,” imbuhnya.

Aris mengungkapkan harapannya dari kegiatan ini supaya kegiatan ini dapat berkembang dengan jumlah peserta yang jauh lebih banyak dari negara-negara lain.

Dengan begitu, kata Aris, semua pihak dapat bersama-sama memajukan berbagai wilayah di Jawa Timur.

BACA JUGA: Gelar Upacara Hari Pahlawan, Rektor Untag Surabaya Bangkitkan Lagi Pesan Para Pahlawan Nasional

Dalam momentum yang sama, Ketua Unit Mobiliti Antar Bangsa UniMAP Malaysia Nurjuliana Johari turut menghadiri kegiatan tersebut dan dia menyambut baik dengan adanya kolaborasi kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Untag Surabaya dan UniMAP Malaysia.

“Kegiatan pengabdian ini menjadi kesempatan baik bagi mahasiswa UniMAP Malaysia untuk berkolaborasi dengan Untag Surabaya. Meskipun sebelumnya Untag Surabaya dengan UniMAP Malaysia sudah saling melakukan kunjungan melalui perantara dosen,” ujar Nurjuliana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: