Pekerja Terowongan India Terjebak 17 Hari di Dalam Tanah, Beberapa Kali Kehilangan Semangat

Pekerja Terowongan India Terjebak 17 Hari di Dalam Tanah, Beberapa Kali Kehilangan Semangat

Pekerja Terowongan India Terjebak 17 Hari di Dalam Tanah. Terlihat seyum cerah seorang pekerja ketika disambut Menter Negara Bagian Uttarakhand Puskhar Singh Dami.-DIPR UTTARAKHAND VIA AFP-

Lewat pipa itu, pekerja juga mendapatkan makanan. Nasi padat dan biji-bijian. Hingga, beberapa hari kemudian, pipa itu bisa diperlebar. Regu penyelamat bisa mengirimkan paket makanan yang cukup komplet. Makanan itu dimasukkan ke botol plastik. ’’Setelah ada makanan, kondisi kami membaik,’’ ujar Verma.

Bagaimanapun, menunggu memang menyiksa. Para pekerja menghabiskan waktu dengan bermain game di handphone. Sebab, listrik masih menyala. 

Bahkan, Arnold Dix, Presiden Asosiasi Terowongan Bawah Tanah Internasional, mendengar bahwa para pekerja itu sibuk bermain cricket sambil menunggu bantuan.

Dan hari kebebasan itu tiba. Yang berhasil menembus ruang perangkap itu adalah para penambang tradisional yang dijuluki rat-miner. Tikus penggali. Sebab, mereka bekerja secara manual. Dengan palu, beliung, dan mesin bor tangan.

''Tikus-tikus penggali'' itu bekerja setelah mesin bor raksasa tak mampu menembus reruntuhan. Maka, media-media di India pun menjuluki penggali itu sebagai Rock Star. Bukan pemain musik, tetapi Bintang Penembus Bebatuan. Atau Aces of Spades. Satria Bersekop… (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: