Atikoh Ganjar Hadiri Munas XI Gerakan Pramuka di Aceh: Perempuan pun Bisa Jadi Pemimpin

Atikoh Ganjar Hadiri Munas XI Gerakan Pramuka di Aceh: Perempuan pun Bisa Jadi Pemimpin

Atikoh Ganjar hadiri Munas Pramuka XI: perempuan pun bisa jadi pemimpin. Foto: Atikoh Ganjar (tengah) selfie dengan peserta Munas Pramuka XI di Aceh. -Tim Media Ganjar Pranowo-

ACEH, HARIAN DISWAY - Tidak benar kalau Pramuka dianggap kuno dan tidak berguna. Sebaliknya, kegiatan kepanduan itu memiliki segudang manfaat yang masih sangat relevan di masa modern seperti sekarang.

Hal itu ditegaskan Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Siti Atikoh Supriyanti (Atikoh Ganjar). Menurut istri capres nomor 3 Ganjar Pranowo itu, Pramuka tidak salah mengasah soft skill dan life skill anak-anak.

Tapi lewat kegiatan kepramukaan, jiwa kepemimpinan seseorang akan teruji dan terbentuk.

BACA JUGA: Hadiri Munas Pramuka ke-XI, Atikoh Ganjar Menjajal Kuliner Khas Serambi Mekkah

"Di kepramukaan itu juga diajari kepemimpinan. Baik itu anggota laki-laki maupun perempuan," kata Atikoh Ganjar dalam acara Gala Dinner Peumulia Jamee Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka XI di Balee Meuseuraya Aceh, Banda Aceh, Jumat malam, 1 Desember 2023.

Di dalam pramuka, anggotanya tak hanya belajar sandi, tali-temali, hingga baris-berbaris saja. Yang utama, Pramuka justru memberi anggotanya pelatihan soft skill hingga bermacam life skill. Salah satunya, kepemimpinan.


Atikoh Ganjar hadiri Munas Pramuka XI: perempuan pun bisa jadi pemimpin. Foto: Atikoh Ganjar (tengah) menyapa peserta Munas Pramuka XI di Aceh. -Tim Media Ganjar Pranowo-

Atikoh mengatakan, anggota Pramuka sudah teruji dalam setiap kegiatan. Dia sendiri dulu aktif ikut Pramuka. Dan kini menjadi perempuan pertama dalam sejarah yang memimpin Kwarda Jateng.

BACA JUGA: Amanat Uskup Agung Mgr Petrus Turang untuk Ganjar Pranowo: Pemerataan dan Peningkatan SDM Kupang

Dia merasakan sendiri besarnya efek Pramuka dalam menanamkan jiwa kepemimpinan. Dari pengalamannya sendiri, Atikoh mendorong anak-anak muda untuk ikut aktif dalam Pramuka. Meskipun digempur perkembangan teknologi.

Dia memberi contoh di Jawa Tengah. Di provinsi yang pernah dipimpin Ganjar Pranowo itu, pramukanya aktif sejak SD sampai mahasiswa dan dewasa.

Antara anggota laki-laki dan perempuan, Atikoh mengatakan, dari sisi kemampuan maupun dharma bhakti di kepramukaan seimbang.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Disambut dengan Pantun dan Selendang Khas Kupang

BACA JUGA: Soal Kebocoran Data KPU, Ganjar Minta Penegak Hukum Segera Bertindak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: