WISUDAWAN ADALAH MATAHARI

WISUDAWAN ADALAH MATAHARI

Salah satu wisudawan Unai berfoto bersama keluarga.-Istimewa-

Angkanya cantik. Di penghujung tahun, Sabtu, 2 Desember 2023 Universitas Airlangga telah mewisuda 777 lulusan dari berbagai fakultas. Acara digelar di Airlangga Convention Center (ACC). Ini adalah acara wisuda periode 235. Acara wisuda berlangsung khitmad. Para wisudawan yang didampingi orang tua dan keluarganya, semua tampak gembira. Senyum manis senantiasa tersungging di bibir para wisudawan.

Acara wisuda dihadiri dan dibuka oleh rektor Universitas Airlangga Prof. Muhammad Nasih. Selain dihadiri ketua senat akademik Universitas Airlangga, wisuda juga dihadiri para wakil rektor, dekan, sekretaris universitas, para direktur, dan berbagai tamu undangan yang hadir untuk mengikuti dan merayaan kelulusan anaknya.

Secara garis besar, rincian dan persebaran jumlah wisudawan kali ini tergolong tidak terlampau banyak. Berbeda dengan wisuda sebelumnya. Jumlah mahasiswa yang diwisuda sekitar 1.200an, kini acara wisuda hanya diiikuti oleh para wisudawan dan orang tuanya. 

Untuk Fakultas Kedokteran jumlah lulusan yang diwisuda sebanyak 65 wisudawan, Fakultas Kedokteran Gigi 15 wisudawan, Fakultas Hukum 26 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 158 wisudawan, Fakultas Farmasi 55 wisudawan, Fakultas Kedoteran Hewan 48 wisudawan, FISIP 57 wisudawan, Fakultas Sains dan Teknologi 61 wisudawan, Fakultas Kesehatan Masyarakat 72 wisudawan, Sekolah Pasca Sarjana 4 wisudawan, Fakultas Psikologi 36 wisudawan, Fakultas Ilmu Budaya 25 wisudawan, Fakultas  Kelautan dan Perikanan 13 wisudawan, FPK 32 wisudawan, Fakultas Vokasi 99 wisudawan, dan FIKKIA sebanyak 11 wisudawan,

Wisudawan Terbaik dan Berprestasi

Menjadi lulusan dan alumni dari universitas sekaliber Universitas Airlangga, para wisudawan yang dilantik bisa dipastikan akan bangga. Namun demikian, disadari bahwa prestasi dan keberhasilan sejati tidak hanya tertera di lembar transkrip, tetapi juga di kehidupam di luar ruang kuliah. Demikian pernyataan bijak dari Isti’adah, wisudawan terbaik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga.

Isti’adah adalah salah satu mahasiswa terbaik yang tidak sekadar mengisi hari-hari kuliahnya hanya dengan kegiatan standar di ruang kuliah dan mengerjakan tugas dari para dosen. Wisudawan terbaik program S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini tercatat pernah terlibat  dalam program exchange student pada bidang Humanities and Social Sciences I: UNESCO Chair in Global Helath amd Education

Isti’adah tercatat juga pernah menyelesaikan program magang sebagai Government Public Relations di Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. Prestasi lain yang berhasil diraih adalah sebagai Media Committee pada KTT ke-43 ASEAN dan Media Analyst pada 1st Hight Level Meeting Archipelagic and Island States Forum 2023.

Bagi mahasiswa yang berprestasi, kegiatan belajar di perguruan tinggi umumnya memang tidak hanya diisi dengan aktivitas di ruang kuliah. Selain belajar, mereka biasanya juga aktif terlibat dalam berbagai lomba dan aktivitas magang di luar kampus yang bermanfaat. Para wisudawan terbaik ini umumnya sadar bahwa kuliah yang hanya diisi dengan aktivitas di ruang kuliah tidak akan memberi nilai plus bagi kompetensi mereka.

Natasha Vine Angelique, wisudawan terbaik Fakultas Farmasi adalah contoh lain dari mahasiswa yang tidak sekadar belajar di kampus. Natasha tercatat pernah menjadi Juara 1 Lomba Poster Publik PHARMADAYS 2020 dan Juara 1 Lomba Poster Publik PHARMACORPS 2022. Tidak hanya itu, Natasha juga pernah menjalani program magang  selama dua minggu di MSU Medical Centre, Malaysia. Berkat pengalaman di luar kampus inilah, wawasan Natasha  menjadi lebih luas dan semua itu tentu akan berguna sebagai bekal ia mencari pekerjaan nanti.

Wisudawan lain yang selama kuliah berhasil meraih prestasi plus, antara lain adalah: Auvi Diyanati Kanasibah. Auvi adalah wisudawan terbaik Program S1 Fakultas Ekonomi Bisnis.  Auvi dilaporkan pernah meraih medali emas dalam Essay in Islamic Economics and Finance, International Islamic Financial Olympiad and Summer School Program 2023.

Sementara itu, Aura Aksha Karisma adalah wisudawan terbaik Fakultas Sains dan Teknologi. Prestasi yang diraih Aura termasuk menarik. Aura selama kuliah pernah menginisiasi pembentukan kelompok baca buku berbahasa Inggris. 

Setiap minggu, Aura bersama sejunmlah teman rutin mengadakan pertemuan dan berlatih Bahasa Inggris. Berkat kelompok yang digagas Aura inilah, ia dan teman-temannya berhasil mendongkrak penguasaan Bahasa Inggris –yang mana semuanya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk itu.

Beberapa wisudawan yang tidak mencapai prestasi Indeks Prestasi tertinggi di fakultasnya, tetapi tetap pantas kita sebut adalah wisudawan yang memiliki prestasi membanggakan selama kegiatan perkuliahan. Anisa Cendekia Muslimah, misalnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: