Satpol PP Kota Surabaya Luncurkan Aplikasi Sapu Jagat

Satpol PP Kota Surabaya Luncurkan Aplikasi Sapu Jagat

tampilan aplikasi sapu jagat yang diluncurkan Satpol PP Surabaya.-Humas Pemkot Surabaya-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Zaman semakin maju. Tak mau ketinggalan zaman, kini kinerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya didukung dengan Aplikasi berbasis android  yang diberi nama Sistem Pengawasan Terpusat Jaga Kota Surabaya (Sapu Jagat).

Kasat Pol PP Kota Surabaya M. Fikser memaparkan, Aplikasi Sapu Jagat memiliki berbagai tujuan. Untuk tujuan jangka pendek, yakni memberikan rasa aman kepada warga Surabaya. 

Juga untuk memastikan bahwa semua tempat di Surabaya nyaman.

"Selain itu, bertujuan untuk memastikan di setiap Traffic Light (TL) tidak ada warga Surabaya yang terganggu, baik dari pengamen dan sebagainya," ujarnya, Sabtu, 2 Desember 2023.

BACA JUGA:Kendalikan Harga Sembako, Pemkot Surabaya Dirikan Warung TPID di Lima Pasar

BACA JUGA:Warganet Kecam Penganiayaan Dua Anggota Satpol PP Surabaya

Melalui aplikasi Sapu Jagat, kenyamanan dan keamanan pejalan kaki pedestrian di Surabaya bisa termonitor.

"Termasuk pula memastikan bahwa PKL (Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada. Mereka bisa berjualan tanpa mengganggu pedestrian," imbuhnya.

Aplikasi Sapu Jagat dilengkapi berbagai fitur canggih. Di antaranya, pelacakan nama dan lokasi petugas Satpol PP di lapangan. Juga, pemantauan jarak tempuh yang dilalui oleh petugas tersebut.

"Aplikasi ini terhubung handphone petugas di lapangan. Nah, ketika petugas akan menjalankan (tugas), maka dia harus mengaktifkan GPS lokasi dan itu langsung terhubung dengan admin," papar Fikser.

BACA JUGA:Wali Kota Surabaya Minta Polisi Tangkap Penyeroyok Anggota Satpol PP

BACA JUGA:Anggota DPRD Surabaya Kecam Aksi Brutal Buruh yang Keroyok Dua Anggota Satpol PP

Ia menambahkan bahwa aplikasi Sapu Jagat ke depan tidak hanya digunakan oleh jajaran Satpol PP Surabaya. Namun diharapkan aplikasi ini juga diterapkan oleh seluruh Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang memiliki jumlah personel banyak di lapangan.

"Ke depan aplikasi ini bukan hanya untuk Satpol PP, tetapi kemudian semua PD yang memiliki anggota personel banyak, akan mendapatkan aplikasi ini untuk melakukan monitoring kepada seluruh Satgas anggota yang ada di lapangan," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: