Prabowo Bocorkan Masa Depan Jip Maung

  Prabowo Bocorkan Masa Depan Jip Maung

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di atas jip Maung produksi Pindad.--

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Mobil jip Maung produksi Pindad, sudah menggunakan komponen dalam negeri mendekati 90 persen. Menurut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hal itu bakal terjadi paling cepat dua tahun lagi.

Hal ini disampaikan Prabowo saat menyampaikan orasi pada kegiatan doa bersama 2000 kiai se-Banten, Minggu (3/12). Prabowo diperintah Presiden Jokowi, saat ini Jip Maung sudah memiliki tingkat komponen dalam negeri mencapai 73 persen.

"Kita akan punya mobil buatan Indonesia sendiri. Sekarang, saya diperintah oleh Pak Jokowi, kita sudah merintis, kita sudah bikin jip buatan Indonesia sendiri," kata Prabowo dikutip dari Antara.

"Sekarang, kandungannya baru 73 persen. Tapi kalau 70 persen ke atas sudah bisa mengatakan ini buatan Indonesia. Tetapi dua tahun, tiga tahun lagi, ini akan menjadi 90 persen barang-barangnya akan menggunakan komponen Indonesia," jelas Prabowo.

BACA JUGA:Tukang Becak di Blitar Deklarasikan Dukung Prabowo, Berharap Rakyat Kecil Lebih Diperhatikan

BACA JUGA:Penghormatan Terakhir Prabowo untuk Doni Monardo

Prabowo juga menginginkan Indonesia tidak hanya membuat jip. Dia ingin Indonesia juga memiliki model kendaraan lain yang benar-benar diproduksi oleh anak bangsa. "Kita mau nanti mobil sedan, pikap, truk, semuanya, motor-motor harus buatan Indonesia; TV, pesawat terbang, kereta api, kapal," ucap Prabowo.

Maung merupakan kendaraan offroad yang ditujukan untuk kendaraan militer. Mobil offroad Maung buatan Pindad ini diciptakan untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah segala medan. Kendaraan ini memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal untuk mendukung mobilitas penggunanya.

Prabowo dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Menara Bank Mega, Jakarta, Rabu (8/11)) mengatakan Maung sudah menggandeng 133 perusahaan lokal dalam proses produksinya.

"Dari yang buat kabel, yang buat jok kursi, semuanya. Dan ke depan, bisa lebih murah, akan lebih murah (harga mobil Maung)," sebut Prabowo. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: