PWI Sidoarjo Gelar OKK Tingkatkan Skill Jurnalistik

PWI Sidoarjo Gelar OKK Tingkatkan Skill Jurnalistik

Ketua Dewan Kehormatan PWI Jawa Timur, Djoko Tetuko menyampaikan materi kewartawanan.-Boy Slamet-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo menggelar Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) di Gedung Graha Delta Kantor Pemkab Sidoarjo, Rabu, 6 Desember 2023.

OKK PWI Jawa Timur angkatan ke-X ini untuk meningkatkan pengetahuan anggota PWI Sidoarjo tentang keorganisasian PWI. Selain itu juga untuk mengukur kembali serta mempertajam dan menguatkan kaidah kejurnalistikan.

Acara OKK ini ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sidoarjo Sulistianto. OKK juga dihadiri langsung oleh Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim dan narasumber OKK dari Pengurus PWI Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Lutfil Hakim mengatakan pada dasarnya OKK sebagai salah satu syarat awal wartawan untuk bergabung sebagai anggota PWI. 

Namun, orientasi juga tidak sebatas sebagai syarat. Hal tersebut juga diharapkan menjadi refleksi masing-masing individu sebagai insan pers.

BACA JUGA:Sidoarjo Segera Miliki 3 Flyover Baru

BACA JUGA:Ayah Bejat di Sidoarjo Setubuhi Anak Kandung 3 Kali Seminggu

"Kita tidak bisa serta merta melakukan penerimaan anggota baru. Harus mengikuti berbagai tahapan yang ditentukan termasuk OKK. Diharapkan melalui orientasi ini dapat memperkuat pemahaman terkait aturan-aturan yang tertuang," kata Lutfil.

Dia menyebut, wartawan terkhusus anggota PWI harus paham betul segala bentuk peraturan yang tertuang baik undang-undang pers maupun AD/ART PWI melalui pedoman peliputan dan pedoman perilaku anggota.

"Harus paham tentang kode etik dan berbagai peraturan kewartawanan yang tertuang dalam undang-undang pers serta peraturan di dalam PWI sendiri," imbuhnya.

Hal senada disampaikan Ketua PWI Sidoarjo, Mustain. Menurutnya, anggota PWI wajib memiliki tanggung jawab dan integritas atas produk-produk jurnalistiknya untuk mewujudkan jurnalisme positif. "Ambil momentum ini untuk penguatan soliditas sesama wartawan dan wadah belajar bersama tentang keorganisasian," tegas Mustain.

BACA JUGA:Curah Hujan Tinggi, Sidoarjo Siaga Bencana Hidrometeorologi

BACA JUGA:Sido Resik Munculkan Wisata Edukasi di Desa Sumorame, Sidoarjo

Ia juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan Pemkab Sidoarjo dan sejumlah mitra strategis terhadap acara OKK tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: