Semakin Dekat Dengan Uji Coba Flyover Djuanda, Tersisa Beberapa Pekerjaan Minor

Semakin Dekat Dengan Uji Coba Flyover Djuanda, Tersisa Beberapa Pekerjaan Minor

Suasana flyover Djuanda-M. Ma'ruf Zaky / Harian Disway-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa-Bali berencana melakukan uji coba fly over Djuanda pada 15 Desember mendatang.

Hingga minggu awal bulan Desember ini, progres pengerjaan sudah mencapai 93,69 persen. 10 persen lebih cepat dari yang direncanakan.

Hal tersebut membuat BBPJN lebih percaya diri untuk membuka akses jalan layang yang sudah lama diidam-idamkan oleh masyarakat Surabaya dan Sidoarjo.

Sepekan jelang dibukanya akses fly over Djuanda, masih ada pengerjaan yang perlu diselesaikan. Meskipun hanya pengerjaan minor.

BACA JUGA:Flyover Djuanda Dibuka 15 Desember, Selamat Tinggal Kemacetan Bundaran Aloha

“Kita yang belum di frontage barat, pengecoran rigit,” terang Pejabat Pembuat Komitmen Pelaksanaan Jalan nasional I Made Gede Widhiyasa saat dihubungi Harian Disway, Jumat malam, 5 Desember 2023.

Made mengatakan, pihaknya menargetkan akan menyelesaikan kekurangan di frontage barat, Sabtu, 9 Desember 2023. Paling lambat Minggu, 10 Desember 2023.

“Mungkin kita juga masih ada pengerjaan diluar fungsional jalan. Kalau cuaca mendukung ya tanggal 12 paling lambat sudah clear semua,” ujar Made.

Sebelum dibuka, kata Made, nantinya akan dilakukan loading test terlebih dahulu. Besok, Sabtu, 9 Desember, akan dimulai juga pemasangan alat loading test. Made memperkirakan pada, 12 Desember, loading test sudah selesai dilaksanakan.

BACA JUGA:Tinjau Pembangunan Fly Over Juanda di Bundaran Aloha, Menteri PUPR Minta Lebih Banyak Ditanami Pohon

Saat uji coba nanti, tidak ada pembatasan jenis kendaraan yang diperbolehkan melintas. Untuk lebih memantapkan rencana uji coba fungsional, nantinya BBPJN akan rapat bersama forum lalu lintas.

“Kemungkinan, 13 atau 14 Desember, kita akan rapat bersama forum lalu lintas, terkait manajemen rekayasa lalu lintas dan sebaginya,” katanya.

Pelaksanaan uji coba ini juga melebihi target yang sebenarnya. Karena jika mengacu pada kontrak seharusnya dilaksanakan pada bulan April 2024.

Uji kelayakan seharusnya dilaksanakan usai serah terima April mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: