Makan Siang Gratis di Sekolah Ala Prabowo-Gibran, Ternyata Sukses di AS dan India

Makan Siang Gratis di Sekolah Ala Prabowo-Gibran, Ternyata Sukses di AS dan India

Momen Gibran ditemani blue squad PAN bagi-bagi susu di car free day di Jakarta. Masyarakat menyambut Gibran dengan meriah bahkan sampai rebutan selfie.--instagram @amanatnasional

HARIAN DISWAY – Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memaparkan program school meal plan yang dianggap telah sukses dilakukan di banyak negara.

Program yang akan diadaptasi Prabowo sebagai program makan siang gratis bagi anak-anak sekolah ini merupakan program unggulan paslon nomor urut 2. Mereka sedang gencar-gencarnya memperkenalkan rencana kebijakan itu di masa kampanye.

Sebelumnya, TKN Prabowo-Gibran telah memaparkan program makan siang gratis yang merupakan adaptasi dari program yang telah berjalan di berbagai negara.

Mereka, menyampaikan contoh kesuksesan school meal plan yang telah berjalan di Amerika Serikat.

“Dikenal sebagai School Meal Program, inisiatif ini telah menjadi andalan di banyak negara. Menurut data terkini, 58% murid di seluruh dunia, atau sekitar 418 juta anak di lebih dari 76 negara, telah merasakan manfaatnya,” kata Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran Hamdan Hamedan kepada wartawan di Jakarta Senin, 11 Desember 2023.

BACA JUGA:Soal HAM, Capres Prabowo Sudah Kebal

BACA JUGA:Penuh Antusias, Gibran Bakar Semangat Penonton di Debat Capres

Hamdan menyebutkan dampak dari program ini merata. Ia juga mengambil contoh negara-negara seperti Amerika Serikat,  Argentina, Rwanda, hingga negara tetangga seperti Thailand untuk memperkuat data yang ada.

Hamdan juga menyebutkan, program makan siang gratis untuk anak-anak sekolah yang dibawakan oleh Prabowo-Gibran bertujuan untuk mencegah fenomena stunting di Indonesia.

Namun, ia menambahkan, program makan siang gratis ini juga memiliki manfaat lain diantaranya adalah untuk meningkatkan angka kehadiran siswa dan mengurangi angka bolos dan putus sekolah. 

“Program ini terbukti tak hanya meningkatkan kehadiran dan mengurangi angka bolos/putus sekolah, tapi juga meningkatkan kesehatan dan prestasi akademis murid, serta mengurangi beban ekonomi keluarga,” jelasnya.

BACA JUGA:Hasil Survei: Prabowo-Gibran Unggul Head to Head, Antagonis Politik tak Berpengaruh di Akar Rumput

BACA JUGA:Ganjar Cecar Pertanyaan Seputar HAM, Ini Jawaban Prabowo

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan adanya sebuah penelitian yang berjudul: Makan di Sekolah dan Pencapaian Pendidikan: Bukti dari Program Makan Siang di India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: