Polinema Kembangkan Modul Pembelajaran Robotika untuk Anak Usia Dini

Polinema Kembangkan Modul Pembelajaran Robotika untuk Anak Usia Dini

POLINEMA kembangkan modul pembelajaran robotika untuk anak usia dini.-Polinema-

HARIAN DISWAY - Model pembelajaran untuk anak usia dini terus dikembangkan. Politeknik Negeri Malang (Polinema) memiliki terobosan. Lembaga pendidikan tinggi itu mengembangkan modul pembelajaran robotika.

Dalam pengembangannya, Polinema mendapatkan pendanaan dari Kemendikbud. Tepatnya lewat program Kedaireka. Yakni program yang mengutamakan sinergi kontribusi perguruan tinggi dengan komersialisasi mitra untuk kemajuan bangsa.

Pembuatan modul edukasi tersebut diketuai oleh Indrazno Siradjuddin, PhD. Sedangkan anggotanya adalah Dr M Junus, ST, MT, Mas Nurul Achmadiah, MT dan Gillang Al Azhar, MTrT.

BACA JUGA:Mahasiswa Untag Surabaya KKN Sukses Beri Pelatihan Daya Ingat kepada Anak-Anak Melalui Metode Mnemonik

Sedangkan dalam eksekusinya sendiri, Polinema juga melibatkan KIDO Robot. Sebuah lembaga edukasi pembelajaram robotika di Malang, yang sudah berpengalaman memberikan workshop di berbagai kota.


POLINEMA kembangkan modul pembelajaran robotika untuk anak usia dini. Foto: proses pembelajaran robotika di KIDO Robot Malang.-Polinema-

Berikut ini proses penyusunan modul robotika untuk anak usia dini yang diinisiasi oleh Polinema.

Dengan berbekal informasi dari beberapa sekolah dasar di penjuru Jawa Timur, modul ini telah sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran. Karena mudah dan aman dalam penggunaannya. Selain itu, harga yang diberikan juga disesuaikan dengan kemampuan siswa.

BACA JUGA:Mahasiswa PMM 3 Untag Surabaya Beri Materi Public Speaking di Panti Asuhan Himmatun Ayat

BACA JUGA:Cha-Ching Curriculum, Upaya Disdikbud Jombang Tanamkan Pengelolaan Keuangan Sejak Dini

Sebanyak 30 modul edukasi telah dibuat dan sedang dalam proses uji di Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Surabaya (BARISTAND). Pengujian tersebut di latarbelakangi oleh misi awal kegiatan ini. Yakni membuat modul edukasi yang aman dan ramah terhadap anak, khususnya anak usia dini.

Dalam pengerjaannya, tim melibatkan mahasiswa prodi Teknik Elektronika dan jurusan Teknik Elektro di Politeknik Negeri Malang. Mereka berpartisipasi dalam proses desain, perakitan, hingga integrasi sistem 30 unit modul edukasi robotika tersebut.


POLINEMA kembangkan modul pembelajaran robotika untuk anak usia dini. Foto: Pengujian produk di BARISTAND Surabaya.-Polinema-

Proses pengerjaan yang dilakukan mahasiswa tidak hanya sebagai pembelajaran saja. Melainkan juga dapat dikonversikan menjadi 20 SKS. Karena mereka terdaftar sebagai mahasiswa yang melakukan magang MBKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: