Mahasiswa Untag Surabaya KKN Sukses Beri Pelatihan Daya Ingat kepada Anak-Anak Melalui Metode Mnemonik

Mahasiswa Untag Surabaya KKN Sukses Beri Pelatihan Daya Ingat kepada Anak-Anak Melalui Metode Mnemonik

HILWA KHAMIDA, mahasiswa Untag Surabaya, sedang memberikan pelatihan meningkatkan daya ingat dengan metode mnemonik kepada anak-anak.-Dok Pribadi-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Sebagai salah satu wujud pelaksanaan tridarma perguruan tinggi melalui pengabdian masyarakat, mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 SURABAYA kembali mengadakan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di kelurahan-kelurahan SURABAYA

Salah satunya di RW 11, Kelurahan Semolowaru, Kecamatan Sukolilo. 

Pada periode 2023/2024, KKN Untag Surabaya dilaksanakan dengan tema Penerapan Inovasi dan Iptek Patriot Merah Putih bagi Masyarakat. 


HILWA KHAMIDA, mahasiswa Untag Surabaya, dan kawan-kawan berfoto dengan anak-anak seusai pelatihan.-Dok Pribadi-

BACA JUGA: Mahasiswa Enam Negara Ikut KKN UK Petra di Mojokerto

Pembagian kelompok oleh kelompok KKN nonreguler 06 dibagi menjadi 14 subkelompok yang terdiri atas maksimal tiga anggota dengan program kerja yang berbeda-beda. 

Seperti halnya subkelompok 2 KKN nonreguler 06 yang memberikan pelatihan kepada anak-anak usia 9 hingga 12 tahun. 

Mahasiswa bernama Hilwa Khamida, Awinanda Elang Perdana, dan Bethania Novemiadi memberikan inovasi untuk meningkatkan daya ingat anak melalui metode mnemonik. 


HILWA KHAMIDA, mahasiswa Untag Surabaya, dan kawan-kawan sedang memberikan pelatihan meningkatkan daya ingat dengan metode mnemonik kepada anak-anak di Surabaya.-Dok Pribadi-

BACA JUGA: Mahasiswa KKN Untag Paparkan Pentingnya Foto Kemasan

Mnemonik adalah sebuah metode yang digunakan untuk memacu ingatan seseorang. 

Strategi itu melatih anak-anak untuk melakukan penyandian informasi yang menyimpan ke dalam memori jangka panjang (intermediate long term memory) dengan baik dan mempermudah proses pengambilan kembali informasi. 

Pelatihan itu dilakukan dengan cara memberikan kartu bergambar dengan penambahan jumlah secara bertahap di tiap sesi, lalu para peserta diberi waktu melihat dan mengamati kartu bergambar selama 60 detik untuk mengingat gambar beserta tulisan yang ada.

BACA JUGA: Mahasiswa Untag KKN Kembangkan E-Commerce bagi Pelaku UMKM Paper Bag

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: