Cheng Yu Pilihan Finalis Miss Chinese Indonesia 2023 Josephine Jolivina: Ji Suo Bu Yu, Wu Shi Yu Ren

Cheng Yu Pilihan Finalis Miss Chinese Indonesia 2023 Josephine Jolivina: Ji Suo Bu Yu, Wu Shi Yu Ren

Treat others like how you want to be treated adalah prinsip Josephine Jolivina, finalis Miss Chinese Indonesia 2023. -Josephine Jolivina-

HARIAN DISWAY - Entah apakah egois memang sifat asli manusia atau bukan. Namun, semua orang agaknya punya sisi egoistis dalam dirinya.

Misalnya, ingin dihormati orang lain, tapi tidak mau menghormati orang lain; ingin dimaklumi ketika berbuat salah, tapi tidak mau memaafkan orang lain ketika berbuat salah. Intinya: mau enaknya sendiri. 

Padahal, sebagai makhluk sosial, manusia mestinya punya tenggang rasa. Bisa berempati terharap orang lain. Bisa memosisikan diri di posisi orang lain.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Aktor Roy Marten: Juan Tu Chong Lai

Dengan begitu, kita tidak akan pernah melakukan apa pun kepada orang lain apa yang tidak akan kita terima kalau orang lain lakukan hal yang sama kepada diri kita.

Contohnya, kalau kita merasa sakit dicubit orang, ya jangan pernah mencubit orang. Kalau kita merasa sakit hati ketika dikibuli orang, ya jangan pernah menipu orang. Perlakukanlah orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan.

“Treat others like how you want to be treated,” kata Josephine Jolivina, finalis Miss Chinese Indonesia 2023. Itulah yang selama ini dipegang teguh sebagai prinsip hidup oleh Ivin, panggilan mahasiswi prodi psikologi Universitas Tarumanegara tersebut.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Kepala Dinas ESDM Provinsi Banten Deri Dariawan ST., M.MT: Ni Zhong You Wo, Wo Zhong You Ni

Ribuan tahun silam, dalam bab 12 kitab Lunyu (论语), filsuf besar Konfusius telah mengingatkan kita bahwa 己所不欲, 勿施于人 (jǐ suǒ bù yù, wù shī yú rén). Artinya, apa yang tidak engkau kehendaki orang lain lakukan pada dirimu, jangan engkau lakukan pada orang lain.

Lantas, apa yang mesti kita perbuat? Konfusius menyarankan 己欲立而立人, 己欲达而达人 (jǐ yù lì ér lì rén, jǐ yù dá ér dá rén): ketika diri sendiri ingin meroket, juga mengusahakan orang lain untuk turut meroket; ketika diri sendiri ingin maju, juga mengusahakan orang lain untuk ikut maju. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: