Cheng Yu Pilihan Kepala Dinas ESDM Provinsi Banten Deri Dariawan ST., M.MT: Ni Zhong You Wo, Wo Zhong You Ni

Cheng Yu Pilihan Kepala Dinas ESDM Provinsi Banten Deri Dariawan ST., M.MT: Ni Zhong You Wo, Wo Zhong You Ni

Cheng yu pilihan Kepala Dinas ESDM Provinsi Banten Deri Dariawan ST., M.MT: ni zhong you wo, wo zhong you ni. --HARIAN DISWAY

HARIAN DISWAY - Antara manusia yang satu dengan manusia yang lain, mestinya berada dalam hubungan mutualisme: saling membutuhkan dan saling ketergantungan. Interdependensi, kalau dalam istilah kerennya.

Ada satu hadis Kanjeng Rasul yang artinya kurang lebih begini: "Muslim yang satu dengan yang lain bagaikan satu tubuh. Ketika ada satu bagian tubuh yang sakit, maka seluruh tubuh akan merasakannya."

Kendati sabda tersebut spesifik pada relasi sesama muslim, tetapi agaknya sah-sah saja kalau ruang lingkupnya hendak diperluaskan pada relasi sesama manusia. Sebab, Sayyidina Ali pernah menegaskan, "Mereka yang bukan saudaramu dalam iman, ialah saudaramu dalam kemanusiaan."

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan General Manager Four Points by Sheraton Surabaya Tunjungan Plaza Hendy Wijonyo: Can Dan Jing Ying

Karena itu, sebagai sesama manusia, kita mesti memiliki perasaan solider, saling bertenggang rasa, bisa menempatkan posisi diri di posisi orang lain.

Dengan begitu, akan timbul empati. Sebab, walau bagaimanapun, kata Kepala Dinas ESDM Provinsi Banten Deri Dariawan, "Hidup harus bermanfaat, untukmu bagiku." Dalam artian, kebermanfaatan mestilah tidak hanya untuk diri sendiri.

Melainkan juga untuk orang lain. Pasalnya, pada hakikatnya kita berada dalam satu kesatuan yang puisi Tiongkok klasik sebut "你中有,我中有你" (nǐ zhōng yǒu wǒ, wǒ zhōng yǒu nǐ): dalam dirimu ada diriku, dalam diriku ada dirimu.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Dosen Fakultas Industri Kreatif Universitas Ciputra Freddy H Istanto: Shùn Qí Zì Rán

Dengan prinsip itu Deri berupaya menjalankan tugasnya dengan baik. Ia selalu memikirkan tentang azas kebermanfaatan itu utamanya untuk masyarakat. Misalnya ketika menghadapi masalah terkait bidang yang ditanganinya agar masyarakat dapat merasakan dampak positif.

Disadarinya banyak konflik sosial terjadi. Misalnya terkait anggapan masyarakat selama ini bahwa potensi di daerah merupakan milik mereka sehingga masyarakat berharap ada peningkatan kesejahteraan yang turut mereka rasakan dari proses eksplorasi.

Deri juga mencoba pahamkan kepada masyarakat tentang kendala pengawasan dan pengendalian seputar perizinan pertambangan yang dilakukannya.

BACA JUGA: Cheng Yu Politikus PKS Sulawesi Selatan: Ismail Bachtiar: Zhi Yu Zhi Shan

Ia menjelaskan, dua hal di atas termasuk empat masalah yang harus diselesaika dalam proses pengawasan di tingkat daerah.

Selain konflik sosial dan pertambangan tanpa izin, dua masalah lainnya adalah indikasi kebocoran penerimaan negara, masalah lingkungan. Eksploitasi minerba dengan investasi yang terbuka akan memberi efek ke lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: