Hari Juang ke-78 TNI AD, Satgas 330 Reboisasi Hutan Gundul di Intan Jaya

Hari Juang ke-78 TNI AD, Satgas 330 Reboisasi Hutan Gundul di Intan Jaya

Personel Satgas Pamtas Mobile Yonif 330 Tri Dharma menanam pohon Mahoni di areal hutan gundul di Intan Jaya, Papua.-Penerangan Mabes TNI-AD-

PAPUA, HARIAN DISWAY - Meski jauh dari hingar bingar keramaian kota, Satgas Pamtas Mobile Yonif 330 Tri Dharma tak mau ketinggalan untuk turut memperingati Hari Juang TNI AD pada tahun 2023. Para Ksatria Tri Dharma ini mereboisasi kawasan Hutan Gundul yang berada di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Sabtu, 16 Desember 2023.

Dansatgas 330, Mayor Inf Dedy Pungky Irawanto, MPol menyampaikan, kegiatan reboisasi ini selaras dengan tema hari Juang TNI AD ke-78 yaitu TNI AD bersama rakyat, bersatu dengan alam untuk NKRI.

"Secara bertahap Satgas 330 akan merestorasi ekosistem dengan mereboisasi lahan gundul di pegunungan Intan Jaya sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam," jelasnya.


Satgas Pamtas Mobile Yonif 330 Tri Dharma berdoa sebelum masuk areal hutan gundul di Intan Jaya, Papua.-Penerangan Mabes TNI-AD-

Lebih lanjut, Dansatgas 330 menjelaskan, kegiatan reboisasi ini menindaklanjuti arahan Bapak Kasad, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc yang menegaskan agar TNI AD harus terlibat langsung dalam menjaga kelestarian alam.

Letda Inf Alfian, selaku koordinator kegiatan mengatakan kegiatan selama 2 hari ini, ia dan anggotanya menanam 78 batang bibit Pohon Mahoni di kawasan hutan gundul. Penanaman bibit pohon Mahoni ini merupakan upaya Satgas 330 dengan target jangka panjang. "Menanam satu pohon di hari ini, menuai sejuta manfaat di masa depan," ujar Alfian.


Satgas Pamtas Mobile Yonif 330 Tri Dharma berpose di areal hutan gundul di Intan Jaya, Papua.-Penerangan Mabes TNI-AD-

Bantuan bibit Mahoni yang dibudidayakan oleh Satgas 330 itu berasal dari dukungan Gunadi Karjono, pengusaha di Tangerang yang menjadi inisiator Perkumpulan Karunia Merah Putih (KMP) yang peduli pada masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan. 

Menurut Gunadi, total benih Mahoni yang dikirimkan sejumlah 2500 benih. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: