Libur Naratu, Pantau Lalin dan Peredaran Narkoba

Libur Naratu, Pantau Lalin dan Peredaran Narkoba

Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto memasang pita merah pada personel yang terlibat dalam Operasi Lilin Semeru 2023.-Boy Slamet-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Perayaan Natal 2023 sebentar lagi. Kemudian, dilanjutkan dengan perayaan Tahun Baru Masehi 2024. Untuk menjaga kondusifitas, diperlukan pengamanan di berbagai lini. Tidak hanya TNI-Polri yang bersiap, tapi Pertamina juga ambil bagian dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, jelang, saat, dan pasca Nataru.

Kemarin, Kamis, 21 Desember 2023, Polda Jatim melaksanakan pengamanan Nataru. Giat pengamanan itu menggunakan sandi Operasi Lilin Semeru 2023. Ribuan pasukan gabungan dari semua stakeholder yang ada di Jatim mengikuti apel tersebut.

“Operasi ini melibatkan personel yang tergabung dalam pelaksanaan operasi ada 6.874 personel Polri, personel TNI 1.373, instansi lain 4.797, kemudian Pospam dan Posyan dan Pos Terpadu 194," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto saat apel.

Pos pengamanan (Pospam) ada 143, Pos pelayanan (Posyan) sebanyak 42, serta pos terpadu ada 9 titik di 39 Kabupaten atau Kota.

BACA JUGA:Kumpulan Kode Diskon Hotel sampai Rp 1 Juta di Traveloka, Asyik buat Liburan Nataru

BACA JUGA:Gelar Operasi Lilin Semeru 2023, Jatim Siap Amankan Nataru

Pengamanan akan meliputi tempat-tempat ibadah, jalan transJatim, tempat-tempat rekreasi, juga di angkutan umum yang rawan tindak kejahatan. Termasuk beberapa tempat yang berpotensi sebagai pusat kerumunan masyarakat.

Imam mengatakan, usai Natal diperkirakan ada sekitar 16 persen warga Jatim yang melakukan perpindahan tempat. Artinya, 16 juta orang akan melakukan perjalanan. Sebagian besar tujuanya adalah tempat-tempat rekreasi. Juga merayakan Nataru di kampung halaman.

Sejumlah personel akan ditempatkan di titik-titik rawan kepadatan, untuk mengurai kemacetan. “Ada lima kota yang menjadi destinasi rekreasi terfavorit di Jawa Timur, salah satunya adalah Malang.


Pos Pantau yang dibangun Polsek Tegalsari bernuansa Natal.-Boy Slamet-

Tidak hanya lalu lintas yang diantisipasi. Polisi juga mewaspadai penyalahgunaan narkoba selama perayaan malam tahun baru 2024. Pemerintah Kota Surabaya sudah mengeluarkan imbauan larangan penggunaan narkoba di rumah hiburan umum (RHU). Polisi Sat Resnarkoba Polda Jatim dan polres jajaran akan memantau.

Terkait ketersediaan BBM saat mobilitas tinggi, Pertamina sudah mengantisipasinya. Pertamina pastikan keamanan pasokan Energi. Pertamina melalui Subholding Commercial & Trading, Pertamina Patra Niaga, melakukan sejumlah persiapan untuk menjamin pasokan energi selama libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 di Pulau Jawa. 

Satuan Tugas (SATGAS) telah dibentuk. Mereka akan bertugas mulai 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 untuk memastikan kelancaran pendistribusian BBM, LPG dan Avtur selama Natal & Tahun Baru,  

Pertamina menambah layanan berupa 100 Motorist Pertamina Delivery Service dan 12 kantong BBM berbentuk mobil tangki (Mobile Storage) se-Jatim Balinus, yang akan siaga pada titik-titik rawan kemacetan, bencana, dan konsentrasi pemudik serta destinasi wisata utama di Jatimbalinus. Fungsinya, untuk memangkas jarak supply dan mendekatkan energi ke konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: