Gelar Operasi Lilin Semeru 2023, Jatim Siap Amankan Nataru

Gelar Operasi Lilin Semeru 2023, Jatim Siap Amankan Nataru

Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto, Gubernur Jatim Khofifah Indar parawansa, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay menjadi inspektur upacara dalam apel pasukan Operasi Lilin Semeru 2023.-Boy Slamet-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Polda Jatim telah siap 100 persen dalam pengamanan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Kamis, 21 Desember 2023, apel pasukan Operasi Lilin Semeru 2023 dilaksanakan di Mapolda Jatim.

Semua pasukan yang terlibat dalam pengamanan Nataru hadir di lapangan A Mapolda Jatim. Dinas Perhubungan Jatim, Satpol PP Jatim, serta TNI, dan instansi lainnya. Personel yang diterjunkan sejumlah 6.874 personel Polri, .1.373 personel TNI, dan 4.797 gabungan instansi lain.

Tampak hadir juga Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay. Keduanya menyertai Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto menjadi inspektur upacara.

Dalam apel gelar pasukan tersebut, secara simbolis Imam Sugianto menyematkan pita merah kepada perwakilan tiap instansi yang terlibat dalam pengamanan. “Ada 143 pes pengamanan, 42 pos pelayanan, serta pos terpadu di 9 titik di 39 Kabupaten Kota di Jawa Timur,” ujar Imam Sugianto saat apel.

BACA JUGA:Tindak Lanjuti SE Wali Kota Surabaya, Satpol PP Akan Gelar Razia Pada Libur Nataru

BACA JUGA:SE Libur Nataru Surabaya, Tempat Hiburan Malam Wajib Tutup Pukul Segini..

Imam juga mengatakan, jelang libur Nataru telah dilakukan pengecekan di beberapa jalur yang dianggap rawan kemacetan dan tindak kejahatan. Pengecekan juga dilakukan di Pelabuhan penyeberangan Ketapang. Diperkirakan penyeberangan ke Bali itu juga akan mengalami lonjakan penumpang.


Pasukan dari Polri yang siap mengamankan libur Natal dan Tahun Baru 2024.-Boy Slamet-

“Terakhir kita akan melakukan pengecekan di area-area rekreasi. Yang saya yakin setelah perayaan natal, masyarakat akan cukup banyak melakukan perjalanan. Karena berdasarkan survei Dinas Perhubungan, ada sekitar 16 juta orang di Jawa Timur yang melakukan perjalanan,” imbuh Imam.

Imam memastikan, untuk jalur protokol bisa dilewati dengan aman dan nyaman. Sejumlah personel akan ditempatkan di titik-titik rawan kepadatan untuk mengurai kemacetan. “Termasuk kantong-kantong parkir sudah dipersiapkan. Jalur alternatif juga akan tetap kita gunakan,” terang Imam. 

BACA JUGA:Pergerakan Momen Nataru 2024 Tertinggi di Jatim

BACA JUGA:Nataru, Omset Diperkirakan Tembus Rp 250 Triliun

Diharapkan, seluruh masyarakat di Jatim bisa menjaga kondusifitas selama perayaan Nataru. 

Untuk tempat-tempat rekreasi, Imam mengimbau, agar para pengelola melakukan pengecekan pada wahana-wahana yang akan dioperasikan. Demi menjaga keselamatan masyarakat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: