Puncak Nataru 2023/2024, Bandara Soekarno-Hatta Melayani 1 Juta Penumpang, Meningkat 18 Persen dari Tahun Lalu

Puncak Nataru 2023/2024, Bandara Soekarno-Hatta Melayani 1 Juta Penumpang, Meningkat 18 Persen dari Tahun Lalu

Menhub Budi Karya Sumadi mengecek operasional penerbangan pada masa Natal dan Tahun Baru di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten pada Minggu, 24 November 2023-Kemenhub-

HARIAN DISWAY - Produktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta mengalami peningkatan selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024). 

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu, 24 Desember 2023.

Berdasarkan data dari Angkasa Pura II, Bandara Soekarno-Hatta telah melayani sekitar satu juta penumpang pada Nataru 2023/2024. Jumlah tersebut meningkat sekitar 18 persen dari tahun lalu. 

BACA JUGA:Wujudkan Pemerataan Transportasi Publik, Kemenhub Bangun LRT Pertama di Sumatera dan KA Pertama di Sulawesi


Menhub Budi Karya Sumadi di operation room bandara Soekarno-Hatta, Minggu, 25 Desember 2023-Kemenhub-

Destinasi internasional terbanyak yang dilayani di Bandara Soekarno-Hatta adalah Singapura, Kuala Lumpur (Malaysia), dan Jeddah (Arab Saudi). Adapun destinasi domestik terbanyak adalah kota Denpasar, Medan, dan Surabaya.

Tingkat On Time Performance (OTP) Bandara Soekarno Hatta berada dikisaran 71 persen. OTP merupakan ukuran kinerja dalam memberikan layanan secara tepat waktu. Selain itu, load factor (tingkat okupasi) Bandara Soekarno Hatta mencapai 80 persen.

“Ini menandakan bahwa kinerja sektor aviasi semakin baik, probabilitasnya meningkat. Dilihat juga jumlah kargo yang keluar masuk dari Soekarno-Hatta meningkat,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

BACA JUGA:Golkar Serahkan Rekomendasi, Khofifah Makin Tak Tertandingi di Pilgub Jatim

Kinerja yang baik dari sektor penerbangan merupakan dampak dari membaiknya perekonomian masyarakat, terutama pasca pandemi Covid-19, kata Menhub Budi.

“Tadi saya lihat banyak anak-anak berlibur. Itu menunjukkan ekonomi masyarakat menjadi semakin baik,” kata Menhub.

Dalam kunjungan tersebut, Menhub Budi juga melakukan ramp check pada pesawat Garuda Indonesia. Dia mengatakan bahwa sebanyak 60 persen pesawat telah dilakukan ramp check berdasarkan data dari Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah I.

“Saya kesini ingin melihat berapa pesawat yang sudah diramp check untuk memastikan kelaikan pesawat demi keselamatan dan keamanan penerbangan,”  tutur Menhub.

BACA JUGA:Nataru Sudah Didepan Mata, Sebanyak 1 Juta Kendaraan Mulai Meninggalkan Kawasan Jabodetabek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: