Resah Politik Uang, Sabrang MDP Bikin Podium2024.id (2-habis): Seleksi Caleg Lewat Fitur “Adu Janji dan Gagasan”

Resah Politik Uang, Sabrang MDP Bikin Podium2024.id (2-habis): Seleksi Caleg Lewat Fitur “Adu Janji dan Gagasan”

Aplikasi podium2024.id yang digunakan untuk membandingkan gagasan para caleg-Boy Slamet-

Podium2024.id ini juga bisa jadi alat bantu menyeleksi calon legislatif. Tentu eliminasinya berdasarkan gagasan dan program mereka. Tinggal disesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan isu masing-masing konstituen.

------

Pada menu bagian pojok kanan atas laman podium2024.id pilihlah “Calon Wakil Rakyat”. Anda bisa langsung menjumpai seluruh foto caleg yang maju di Pemilu 2024. Totalnya tembus 259.215 orang. 

Wajah-wajah mereka umumnya terpampang senyum dan serius. Tentu ada harapan besar untuk dipilih. Podium2024.id pun menyediakan fitur “Adu Janji dan Gagasan”.

Langkah pertama memilih tingkatan caleg. Mulai DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Ketikkan masing-masing nama partai politik, daerah pemilihan (dapil), hingga nama kecamatan.

Seluruh foto caleg akan tampil seketika. Di masing-masing foto itu tersedia nomor pribadi Whatsapp dan Telegram. Juga tombol untuk mengobrol langsung.

Tombol yang terakhir itu akan mengantarkan ke kolom chat di laman. Konstituen pun bisa menanyakan program, gagasan, atau berbagai isu. Tinggal pilih beberapa caleg sesuai tingkatan. Lantas seleksilah di antara mereka mana yang punya gagasan paling bagus.


Tim podium2024.id dan Kitiran Pelangi Ilmu Foundation sedang berdiskusi--

Sesimpel itu. Fitur ini disediakan oleh podium2024.id supaya konstituen tahu seberapa besar potensi masalah mereka bisa terwakilkan oleh para caleg kelak.

“Jadi ada sistem gugur melalui pertanyaan-pertanyaan. Ini menghindarkan kita dari judi dalam memilih pemimpin,” ujar Founder Podium2024.id Sabrang Mowo Damar Panuluh.

Sabrang pernah meluncurkan aplikasi yang serupa pada 2019, yakni pantaubersama. Lewat aplikasi itu, konstituen bisa mengajukan langsung pertanyaan kepada capres dan cawapres. Harapannya supaya pemilih bisa memilih secara rasional dan tak mengandalkan emosional.

Namun, aplikasi itu dinilai terlalu berat lantaran meminta para timses dan masyarakat berpikir agak mendalam. Maka kini podium2024.id disajikan dengan teknologi artificial intelligence (AI). Sehingga memudahkan konstituen dan para caleg berbincang lebih intens.

Sayangnya, dari seluruh caleg, hanya tiga akun caleg yang aktif di podium2024.id. Sisanya ratusan ribu caleg belum mengunggah data mereka. Masa kampanye pun mepet, tinggal 44 hari lagi.

Sebetulnya Sabrang sudah menyosialisasikan program ini. Tetapi, cuma segelintir orang yang menggubris. “Saya kan memang bukan orang yang dianggap di negara ini. Sudah ngomong. Ya sudah sejauh ini cuma ngajak teman-teman media dan LSM,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: