Debat Pilpres Tema Pertahanan dan Geo Politik, Mantan Panglima TNI Beri Masukan Ganjar

Debat Pilpres Tema Pertahanan dan Geo Politik, Mantan Panglima TNI Beri Masukan Ganjar

Momen keakraban paslon nomor urut 1 dan 3 di arena debat perdana Cawapres -Tangkapan latar dari akun YouTube resmi KPU RI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Andika Perkasa, Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, menyatakan bahwa Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, sangat siap mengikuti Debat Capres ketiga Pilpres 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

Debat ini akan diadakan pada Minggu, 7 Januari 2024, dan diikuti oleh Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan dan Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto.

Tema yang akan diusung dalam debat tersebut mencakup Pertahanan dan Keamanan, Hubungan Internasional, serta Geopolitik.

"Andaikan Ganjar sudah siap. Tapi, kita tetap memberikan masukan. Saya sendiri sudah. Pada hari Sabtu (30 Desember 2024) saya sudah memberikan masukan kepada tim yang mengumpulkan, menghimpun semua isu, dan kemudian melaporkan kepada Mas Ganjar," ujar Andika Perkasa melalui akun Instagram @tpnganjarmahfud pada Rabu, 3 Januari 2024.

Mantan Panglima TNI tersebut menegaskan bahwa semua elemen dalam jajaran TPN Ganjar-Mahfud telah memberi masukan kepada Ganjar, dan ia yakin Ganjar sangat memahami materi debat.

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Apresiasi Langkah TNI di Kasus Penganiayaan Relawan Boyolali

BACA JUGA:Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso Dukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Sebelumnya, Ganjar telah menyampaikan bahwa ia telah mempersiapkan strategi khusus untuk menghadapi Debat Ketiga Pilpres dengan memfokuskan pada tiga catatan penting.

Pertama, orientasi politik luar negeri Indonesia yang menganut prinsip bebas aktif. Kedua, gagasan mengenai sistem pertahanan negara untuk mengadaptasi kepentingan nasional, termasuk konflik di Laut Natuna Utara dan wilayah perbatasan sekitar Indonesia.

Ketiga, optimalisasi hubungan luar negeri dengan negara-negara anggota ASEAN untuk mengadaptasi kepentingan nasional di sektor pangan, energi, dan pertahanan.

"Geopolitik dunia berubah, bergolak, multipolar, banyak negara melakukan reposisi terhadap dirinya," ujar Ganjar dalam acara Sarasehan Bersama Eksponen, Alumnus, dan Aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), pada 28 Desember 2023.

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024, yang rencananya akan digelar pada 14 Februari mendatang. Masa kampanye juga telah ditetapkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: