Anies Baswedan Lanjutkan Kampanye di Gorontalo dengan Upacara Adat Mopotilolo

Anies Baswedan Lanjutkan Kampanye di Gorontalo dengan Upacara Adat Mopotilolo

Acara Desak Anies di Gorontalo, Senin, 8 Januari 2024.-Layar Tangkap Youtube @aniesbaswedan-

GOROTALO, HARIAN DISWAY - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, melanjutkan agenda kampanye dengan kunjungan ke Provinsi Gorontalo pada Senin, 8 Januari 2024. Kedatangan Anies di Djalaludin Airport disambut dengan Longo, sebuah barisan pengawalan keselamatan pembesar negeri yang menghadirkan para pahlawan di setiap langkahnya.

Setelah disambut oleh Longo, Anies menuju sebuah ruangan di mana ia disuguhi Mopotilolo, sebuah upacara adat khas Gorontalo.

Mopotilolo merupakan suguhan adat yang diberikan kepada pembesar negeri saat pertama kali menginjakkan kaki di Gorontalo.

Anggota Dewan Adat Provinsi Gorontalo, Rivai Humonggio, menjelaskan bahwa upacara ini memiliki makna khusus dalam menyambut tamu penting.

"Mopotilolo adalah suguhan adat yang diberikan kepada pembesar negeri saat pertama kali menginjakkan kaki di Gorontalo," ungkap Rivai Humonggio di Djalaludin Airport.

Pemangku adat Jakarta tersebut menjelaskan bahwa apabila seorang pemimpin torna ke Serambi Madinah, maka upacara Mopotilolo tidak akan diadakan lagi sebagai tanda penghormatan.

BACA JUGA:Pakar HI Unhas: Anies Usung Soft Power untuk Bawa Indonesia Jadi Pemimpin Global

BACA JUGA:Analisa Drone Emprit: Anies Baswedan Gas Pol di Debat Capres Ketiga

Jadwal kunjungan Anies di Gorontalo melibatkan beberapa kegiatan. Mulai dari berziarah ke makam pahlawan Nani Wartabone di Kabupaten Bone Bolango pada pukul 11.30-12.00 WITA.

Setelah berziarah, Anies akan berinteraksi dengan masyarakat sekitar dan menghadiri acara "Desak Anies Gorontalo" edisi petani di Asmara Garden.

Terakhir, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 akan menutup kampanye di Gorontalo dengan pertemuan bersama para tokoh dan simpatisan di gedung Sumber Ria dari pukul 14.30-16.00 WITA.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan resmi dari tim kampanye Anies Baswedan terkait kunjungan dan rangkaian kegiatan di Gorontalo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: