Golden Globes 2024: Oppenheimer Sabet 5 Trofi, Christopher Nolan Kenang Sosok Ini

Golden Globes 2024: Oppenheimer Sabet 5 Trofi, Christopher Nolan Kenang Sosok Ini

Oppenheimer sabet 5 Piala Golden Globes 2024, Christoper Nolan dan Emma Thomas berpose memegang piala untuk kategori Sutradara Terbaik dan Film Drama Terbaik--AP

HARIAN DISWAY - Tidak ada yang meragukan. Oppenheimer memang salah satu film terbaik yang pernah dibuat sepanjang sejarah sinema. Hal itu dibuktikan di ajang Golden Globes 2024. Film besutan Christopher Nolan tersebut meraih 5 trofi sekaligus.

Film berdurasi 3 jam tersebut memenangkan gelar Sutradara Terbaik lewat Christopher Nolan, Aktor Terbaik kategori Drama lewat Cillian Murphy, Aktor Pendukung Terbaik lewat Robert Downey Jr, serta Musik Orisinal Terbaik. Plus, tentu saja, yang paling prestisius: Film Terbaik genre Drama.

"Ketika mengenang momen saat kami duduk bersama, aku tidak pernah berpikir bahwa membuat film berdurasi 3 jam adalah hal yang mudah dilakukan," kata produser Oppenheimer Emma Thomas, seperti dilansir People.

BACA JUGA:Oppenheimer Ngebom! Inilah Daftar Lengkap Pemenang Golden Globes 2024

Golden Globes edisi ke-81 ini juga terasa istimewa buat Christopher Nolan. Meskipun ia sudah membuat sederet masterpiece seperti trilogi The Dark Knight, Inception, Interstellar, dan Tenet, ini adalah kali pertama ia merebut piala Golden Globes sebagai Sutradara Terbaik.


GOLDEN Globes 2024: Oppenheimer sabet 5 trofi, Christopher Nolan kenang sosok ini.-Robyn Beck-AFP

Dalam pidato kemenangannya, ia menyebut satu sosok penting dalam kariernya. Sosok itu sudah meninggal. Ia adalah Heath Ledger. Pemeran Joker dalam The Dark Knight.

"Sekalinya aku naik panggung Golden Globes adalah saat mewakili temanku terkasih, Heath Ledger. Dan itu benar-benar saat yang rumit dan menantang buatku," papar Christopher Nolan dalam pidato penerimaannya.

BACA JUGA:Golden Globes 2024: Poor Things dan Emma Stone Hajar Barbie di 2 Kategori Penting, Apa Saja?

Ledger menerima gelar Aktor Pendukung Terbaik di Golden Globes 2009 dalam status posthumous (sudah meninggal).

"Dan di tengah-tengah berbicara (dalam pembuatan Oppenheimer, Red), aku bertatap pandang dengan Robert Downey Jr, ia memberiku tatapan cinta dan dukungan. Seperti yang ia berikan padaku saat ini," lanjut Nolan.

"Kupikir akan lebih mudah menerima penghargaan atas namaku sendiri sebagai sutradara. Tapi, ketika berdiri di sini, aku tiba-tiba menyadari bahwa aku hanya bisa menerima award ini berkat orang-orang di sekitarku," paparnya. Ia lantas menyebut para bintang Oppenheimer. Seperti Cillian Murphy, Robert Downey Jr, Matt Damon, dan Emily Blunt.

Dalam kategori Film Terbaik Drama, Oppenheimer mengalahkan The Zone of Interest, Past Lives, Anatomie d'une chute, Maestro, dan Killers of the Flower Moon.


GOLDEN Globes 2024: Oppenheimer sabet 5 trofi, Christopher Nolan kenang sosok ini. Foto: Cillian Murphy berpidato saat merebut gelar Aktor Terbaik Drama.-Robyn Beck-AFP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: