Golden Globes 2024: Oppenheimer Sabet 5 Trofi, Christopher Nolan Kenang Sosok Ini

Golden Globes 2024: Oppenheimer Sabet 5 Trofi, Christopher Nolan Kenang Sosok Ini

Oppenheimer sabet 5 Piala Golden Globes 2024, Christoper Nolan dan Emma Thomas berpose memegang piala untuk kategori Sutradara Terbaik dan Film Drama Terbaik--AP

BACA JUGA:Golden Globes 2024: Margot Robbie Makin Mirip Barbie dengan Dress Armani

BACA JUGA:Nominasi Lengkap Golden Globes 2024, Barbie vs Oppenheimer Kembali Bertarung

Sementara itu, Cililian Murphy merebut gelar Aktor Terbaik Drama juga setelah mengalahkan sederet aktor top. Seperti Bradley Cooper (Maestro), Leonardo DiCaprio (Killers of the Flower Moon), Colman Domingo (Rustin), Barry Keoghan (Saltburn), serta Andrew Scott (All of Us Strangers).

Ini juga kemenangan perdana Cillian Murphy di ajang Golden Globes. Sebelum Oppenheimer, aktor 47 tahun itu pernah masuk nominasi lewat film Breakfast on Pluto pada edisi 2006. Tapi tidak menang.

Ketika hendak naik ke panggung, Murphy mendapatkan ciuman dari sang istri, Yvonne McGuinness. Maka, ketika tiba di hadapan mic, pertanyaan pertamanya adalah, "Apakah ada lipstik di bibirku? Biarin aja!"

BACA JUGA:Dukung Barbenheimer, Bintang Oppenheimer Cillian Murphy 100 Persen Nonton Barbie

"Aku tahu, sejak kali pertama menginjakkan kaki di lokasi syuting film Chris Nolan, segalanya tampak berbeda," kenang Cillian Murphy.

"Level akurasi, level dedikasi, dan tidak adanya ruang untuk membuat kesalahan bagi para aktor, aku tahu aku ada di tangan sutradara yang visioner. Seorang master," pujinya.


GOLDEN Globes 2024: Oppenheimer sabet 5 trofi, Christopher Nolan kenang sosok ini. Foto: Robert Downey Jr rebut trofi Aktor Pendukung Terbaik.-Robyn Beck-AFP

Oppenheimer sendiri menceritakan tentang perjuangan fisikawan di era Perang Dunia II, J Robert Oppenheimer, membuat bom atom. Tak hanya proses penciptaan bom superrumit itu yang menggerogoti Oppenheimer. Tapi juga tingginya pertentangan etika moral yang menyertai.

BACA JUGA:Bingung Pilih Oppenheimer atau Barbie? Nonton Barbenheimer Saja!

BACA JUGA:Apakah Oppenheimer Merasa Bersalah Menciptakan Bom Atom? Berikut Penjelasan Christopher Nolan

Ia tahu bom itu akan memusnahkan puluhan (bahkan ratusan ribu) manusia, yang sebagian besar tak bersalah. Namun, langkah itu tetap diperlukan untuk mengalahkan Axis yang dipimpin NAZI Jerman.

Kegelisahan, kesedihan, dan kegalauan Oppenheimer diceritakan dengan baik oleh Nolan. Dan dibawakan dengan luar biasa oleh Oppenheimer. Meski lebih dari 2/3 film berisi dialog, Oppenheimer jauh dari kata boring. Sebaliknya, ia begitu membuai. Membuat penonton terhanyut dalam setiap proses yang dijalani Robert Oppenheimer.   

Film itu mendapat rating 8,4/10 di IMDb. Di box office, ia meraih pendapatan total USD 954 juta, atau setara dengan Rp 17,3 triliun. Ia menjadi film terlaris nomor 3 sepanjang 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: