Bertabur Trofi, Ini Perjalanan Karier Franz Beckenbauer Sang Legenda Jerman

Bertabur Trofi, Ini Perjalanan Karier Franz Beckenbauer Sang Legenda Jerman

BERTABUR trofi, ini perjalanan karier Franz Beckenbauer sang legenda Jerman. Foto: Beckenbauer mengangkat trofi Piala Dunia 1974.-Getty Images-UEFA

HARIAN DISWAY - Duka menyelimuti dunia sepak bola. Franz Beckenbauer, bek legendaris Jerman, tutup usia pada Minggu, 7 Januari 2023. Keluarga mengabarkannya pada Senin, 8 Januari 2024 atau Selasa dini hari WIB.

"Dengan kesedihan mendalam, kami mengumumkan bahwa suami dan ayah kami, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan damai dalam tidurnya," demikian pernyataan resmi keluarga besar Beckenbauer.

Kepergian Pria yang mendapat julukan Der Kaiser tersebut menyisakan duka mendalam bagi dunia sepak bola terutama bagi Jerman dan Bayern Munchen. Berikut perjalan karir Franz Beckenbauer.

BACA JUGA:Franz Beckenbauer Wafat di Usia 78 Tahun, Bayern Munchen: Dunia Kami Gelap

Beckenbauer mengawali kariernya sebagai pemain gelandang. Selama 13 tahun bermain bersama Die Roten (sebutan Bayern) dari 1964 hingga 1977, Beckenbauer menyumbangkan 3 gelar juara Eropa, 5 gelar Bundesliga, 4 piala DFB Pokal, satu piala Winners UEFA, dan satu Piala Interkontinental.


BERTABUR trofi, ini perjalanan karier Franz Beckenbauer sang legenda Jerman. Foto: Beckenbauer mengangkat trofi European Cup 1975.-Getty Images-UEFA

Selama di Bayern Munchen, Beckenbauer telah mencetak 74 gol dan 75 assist dalam 582 pertandingan.

Selepas dari Bayern, Beckenbauer menerima tantangan (dan tawaran mahal) dengan bermain di AS. Ia bergabung bersama New York Cosmos. Ia sempat bermain bersama Pele di musim debutnya di North American Soccer League (NASL).

BACA JUGA:Dibidik Timnas Jerman, Jurgen Klopp Setia di Liverpool

BACA JUGA:Brace Harry Kane vs Galatasaray, Bawa Bayern Munchen ke16 Besar

Beckenbauer tampil sensasional dengan menyumbangkan 3 gelar juara bagi Cosmos. Yakni pada 1977, 1978, dan 1980. Padahal, ia hanya bermain di sana selama 4 musim.

Pulang dari AS, Beckenbauer kembali ke Jerman. Ia memutuskan untuk bergabung dengan Hamburg SV. Kehadiran Beckenbauer memberikan berkah bagi tim asal kota Hamburg itu. Dengan skill level tingginya, Hamburg berhasil menjuarai Bundesliga musim 1981/1982.


BERTABUR trofi, ini perjalanan karier Franz Beckenbauer sang legenda Jerman. Foto: Beckenbauer bermain untuk New York Cosmos pada 1978.-Getty Images-UEFA

Karier gemilang Beckenbauer di dunia sepak bola juga diwarnai dengan keberhasilannya di level timnas. Pria kelahiran 11 Sepetmber 1945 itu membawa Jerman Barat menjadi juara Piala Dunia 1974 saat melawan Belanda di partai final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: