Ide Brilian! Gorontalo Digaungkan Sebagai Perintis Pendidikan Agromaritim oleh Anies Baswedan

Ide Brilian! Gorontalo Digaungkan Sebagai Perintis Pendidikan Agromaritim oleh Anies Baswedan

Kampanye Anies Baswedan di Gorontalo.-Timnas AMIN-

HARIAN DISWAY - Calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, menerima saran agar Gorontalo menjadi pusat pendidikan agromaritim dan menjadi perintis di Indonesia.

Menanggapi saran tersebut, Anies menyatakan setuju dengan ide tersebut.

"Ini merupakan ide yang sangat bagus. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan di bidang agromaritim di Indonesia, di kepulauan ini, terdapat satu aspek kegiatan pertanian dan satu aspek perikanan," kata Anies.

"Keduanya sama-sama penting di kepulauan ini dan membutuhkan pendidikan," kata Anies dalam acara Desak Anies di Asmara Garden, Gorontalo, Senin, 8 Januari 2024.

Sejalan dengan saran tersebut, Anies yang merupakan Mantan Rektor Universitas Paramadina, menilai bahwa pengetahuan di bidang tersebut sangat diperlukan untuk meningkatkan nilai tambah di sektor tersebut.

"Jika kita hanya melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh generasi sebelumnya, itu baik-baik saja. Namun, banyak proses yang dapat dilakukan lebih efisien dan efektif, dengan harapan nilai tambahnya akan semakin besar," ujar Anies.

BACA JUGA:Kritik Food Estate, Anies: Pola Contract Farming Lebih Cocok agar Petani Tenang

BACA JUGA:Anies Baswedan: Jumlah Penduduk Relatif Sedikit, Gorontalo Bukan Sekadar Angka, Tapi Spirit Bangun Indonesia

"Nilai tambah tersebut dapat terwujud ketika kita menghasilkan, misalnya, jagung. Jika jagung hanya dijual dalam bentuk timbangan jagung tanpa diolah lebih lanjut, pendapatan yang diperoleh akan terbatas. Namun, jika jagung dapat diolah, pendapatan akan meningkat," lanjutnya.

Anies kemudian menjelaskan mengenai proses pengolahan, membandingkan cara tradisional menanam jagung dengan ilmu pengetahuan terbaru yang memungkinkan proses penanaman dan panen menjadi lebih cepat dengan memanfaatkan teknologi.

"Dan ini membutuhkan pengetahuan. Jadi, terima kasih atas ide yang sangat bagus ini. Semoga Gorontalo menjadi pusat agropolitan yang memiliki sekolah agro culture," pungkasnya. (Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: