Franz Beckenbauer Sudah Tamatkan Sepak Bola: Catatan Gelar Der Kaiser

Franz Beckenbauer Sudah Tamatkan Sepak Bola: Catatan Gelar Der Kaiser

BERTABUR trofi, ini perjalanan karier Franz Beckenbauer sang legenda Jerman. Foto: Beckenbauer sebagai pelatih Bayern Munchen mempersembahkan trofi Bundesliga pada 1994.-Getty Images-UEFA

HARIAN DISWAY - Kuat, kokoh, dan disiplin. Itulah yang terlintas ketika mendengar nama Franz Beckenbauer. Benteng pertahanan Timnas Jerman itu, telah meninggalkan sejuta kenangan dan penghargaan untuk Der Panzer (sebutan Timnas Jerman). 

Namanya melejit kala ia dipromosikan dari tim akademi Bayern Munchen tahun 1960-an. Pemain yang mempunyai julukan Der Kaiser itu, membela The Bavarian (sebutan Bayern Munchen) selama 13 musim. 

Di sanalah lumbung pernghargaan Der Kaizer.  Mulai dari kompetisi lokal, hingga kompetisi internasional bisa diltaklukan oleh Beckenbauer bersama Bayern Munchen.

Tiga trofi Liga Champions, empat trofi Liga Jerman, empat trofi DFB Pokal, satu piala Winners UEFA, dan satu Piala Interkontinental menjadi bukti kesuksesan Bavarian kala dibela Franz Beckenbauer.  

Bahkan di saat terakhirnya sebelum gantung sepatu, Beckenbauer masih sempat membawa Hamburger SV menjuarai Liga Jerman di musim 1981/1982.

BACA JUGA:Anak dan Skandal, 2 Faktor Penyebab Franz Beckenbauer Menarik Diri dari Publik

BACA JUGA:Bertabur Trofi, Ini Perjalanan Karier Franz Beckenbauer Sang Legenda Jerman

Sang legenda juga pernah membela klub asal Amerika Serikat, New York Cosmos. Beckenbauer pun mempunyai memori indah saat bermain di sana, ia bermain dengan Pele, legenda sepak bola asal Brasil. 


FRANZ BECKENBAUER wafat di usia 78 tahun, Bayern Munchen: Dunia kami gelap. Foto: Beckenbauer menerima trofi European Championships 1972.-UEFA-

Di benua Amerika, Beckenbauer tidak melempem. Ia berhasil mempersembahkan 3 trofi untuk New York Cosmos. Ia mengantarkan New York Cosmos, menjadi kampiun Soccer Bowl Champions sebanyak 3 kali. 

Tak hanya itu, bersama Timnas Jerman, ia juga mendulang kesuksesan. Satu trofi Piala Dunia dan Piala EURO berhasil dipersembahkannya. 

Namun, saat itu Jerman masih terpisah menjadi dua kubu, Jerman Barat dan Jerman Timur. Beckenbauer bergabung bersama Jerman Barat.

Berikut adalah raihan trofi Der Kaiser Franz Beckenbauer. 

BACA JUGA:Franz Beckenbauer Wafat di Usia 78 Tahun, Bayern Munchen: Dunia Kami Gelap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Transfermarkt