Anies Dilaporkan ke Bawaslu: Debat Calon Presiden Harus Dituntaskan di Debat

Anies Dilaporkan ke Bawaslu: Debat Calon Presiden Harus Dituntaskan di Debat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Debat Ketiga Calon Presiden Peserta Pemilu Tahun 2024 dengan tema "Pertahanan, Keamanan, Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri", di Istora Senayan, Jakarta. -KPU-

SAMARINDA, HARIAN DISWAY -  Calon presiden nomor 1, Anies Baswedan, menanggapi pelaporan dirinya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait pertanyaannya di debat capres ketiga.

Anies mengatakan bahwa pertanyaannya tersebut seharusnya dijawab di debat, bukan dilaporkan ke Bawaslu.

"Itu semua dibahas di debat ya, seharusnya apa yang dibahas di debat direspons juga di perdebatan. Tapi biarlah nanti Bawaslu yang akan menilai apakah laporan itu layak untuk diteruskan atau tidak," kata Anies pada wartawan di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis, 11 Januari 2024.

Menanggapi ancaman dan umpatan yang dilayangkan kepadanya pasca debat, Anies mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari proses demokrasi.

Ia pun menegaskan bahwa dirinya tidak akan melaporkan kembali kejadian tersebut.

"Enggak (melaporkan kembali). Menurut saya begini, ini adalah proses demokrasi justru bagian dari penilaian bagi seluruh masyarakat, bila sikap-sikap, ancaman yang tidak sopan itu dibiarkan begitu saja nanti mengganggu iklim demokrasi kita," kata Anies.

BACA JUGA:Ponpes Darussalam Blokagung Banyuwangi Bantah Dukung Ganjar: Kami Tetap AMIN!

BACA JUGA:Pesan Luhur Panglima Adat Mandau ke Anies: Jadikan Indonesia Raja Budaya

Anies mengatakan bahwa sikapnya tersebut mencerminkan kebebasan berpendapat yang menjadi salah satu nilai demokrasi. Ia juga berharap bahwa iklim demokrasi di Indonesia semakin baik ke depannya.

"Kemarin kan beberapa kali saya sampaikan, kita ingin demokrasi di mana ada kebebasan untuk mengkritik pemerintah," ujar Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 itu.

"Pemerintah tidak boleh anti kritik, pemerintah tidak boleh anti pada sanggahan, nah sekarang sedang dalam proses nih, jadi masing-masing kandidat kan terima kritik terima sanggahan. Nah ini bagian dari pemanasan, nanti kalo tugas di pemerintahan gimana?," tutur Anies. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: