Prabowo Tak Ingin Incar Pembayar Pajak yang Sudah Taat, Harus Estensifikasi

Prabowo Tak Ingin Incar Pembayar Pajak yang Sudah Taat, Harus Estensifikasi

Prabowo dalam diskusi dengan Kamar Dagang Indonesia Jumat, 12 Januari 2023-TKN Prabowo Gibran-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menekankan bahwa dirinya tidak ingin mengincar pembayar pajak yang sudah taat

Menurutnya, sistem pajak perlu lebih efisien sehingga memungkinkan ekstensifikasi atau perluasan basis data perpajakan.

"Istilahnya pembayar pajak yang sudah baik, sudah taat, jangan diperas terus. Itu sering disebut apa (oleh praktisi pajak)? Berburu di kebun binatang," ucap Prabowo dalam Dialog Capres Bersama Kadin, Jakarta, Jumat, 12 Desember 2023.

BACA JUGA:Para Nelayan Kunjungi Kediaman Prabowo, Ramai-ramai Video Call Keluarga di Rumah

Prabowo mengungkapkan, berdasarkan pengalaman di banyak negara, hal tersebut bisa berujung pada penggelapan pajak. Oleh karena itu, perlu dilakukan sesuatu untuk mencegahnya. 

"Jangan-jangan kalau kita memberi kemudahan kepada pengusaha-pengusaha yang benar, ini akan memacu pertumbuhan ekonomi, investasi, dan kegiatan perdagangan," tutur Prabowo. 

Ia menegaskan, pajak adalah hal yang sangat penting sehingga harus dilakukan efisiensi, transparansi untuk menutup lubang-lubang kebocoran.

Tak hanya itu, Prabowo juga menegaskan pemerintah harus memudahkan perizinan usaha. Dengan begitu, iklim bisnis bisa diperbaiki.

BACA JUGA:Disambut Meriah di Medan, Prabowo: Hari Ini Saya Dapat Nilai 99 dari 100

"Jangan orang mau dagang itu dipersulit, sekian puluh izin," ucap Prabowo.

Sebelumnya, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka juga menganalogikan hal yang sama mengenai upaya meningkatkan rasio pajak.

Ekstensifikasi pajak merupakan upaya untuk menggali potensi pajak dari subjek pajak maupun wajib pajak yang belum terdaftar dalam basis data perpajakan. 

Jika basis ini membesar maka tax ratio (perbandingan antara jumlah penerimaan pajak terhadap PDB negara) akan membaik.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: