Caleg DPR RI Indah Kurnia, Lanjutkan Misi Literasi Keuangan dan Bikin UMKM Berjaya

Caleg DPR RI Indah Kurnia, Lanjutkan Misi Literasi Keuangan dan Bikin UMKM Berjaya

Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia yang kembali maju Pileg 2024-Boy Slamet-

“Ke depan, bagaimana saya tetap berada di porsi dan ranah saya untuk mencerdaskan dan sejahterakan warga di dapil maupun nasional,” jelasnyi.

Tentu dia ingin melanjutkan program-program yang sejauh ini berjalan. Terutama dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Indah percaya hal itulah yang erat kaitannya untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Sepak terjangnyi sudah terbukti. Indah Kurnia banyak bergandengan dengan mitra kerja. Mulai dari Bank Indonesia, Bank Himbara, Otoritas Jasa Keuangan, maupun lembaga atau kementerian negara lainnya.

Salah satu fokusnya yakni memberdayakan pelaku UMKM. Sudah tak terhitung berapa UMKM yang tersentuh. Agar mereka bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri.


Indah Kurnia, anggota Komisi XI DPR RI ikut menyumbangkan darahnya.-Boy Slamet-

Indah berperan sebagai penghubung UMKM dan pemerintah. Mengorkestrasi harmoni keduanya. Supaya tetap terorganisir dengan baik. 

“Biar tidak jalan sendiri-sendiri. Harus seirama. Sehingga bisa efektif dan tepat sasaran. Aku di situ, peranku di tengah-tengah itu,” tuturnyi.

Bahkan, Indah cukup mandiri dalam melangsungkan program-programnyi. Dia mendirikan Radio Komunitas Literasi Inklusi Keuangan (Klik). Ini juga menyasar pelaku UMKM.

Bagi Indah, UMKM adalah sektor yang tahan banting, kreatif, dan ulet. Bahkan berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Juga penyerap tenaga kerja yang amat baik.

Maka sebagai sektor yang riil di depan mata, UMKM harus diberi edukasi literasi keuangan yang mumpuni. UMKM pun diberi kemudahan akses permodalan maupun bantuan alat produksi. 

Serta pelatihan dalam peningkatan kualitas produk hingga layanan. Mulai dari pengemasan hingga pemasaran. “Tentu masih banya PR. Nggak mudah, tapi saya akan terus memperjuangkan,” tandas.

Bila UMKM berjaya, lanjut Indah, kemajuan akan begitu mudah dicapai. Khususnya UMKM ultra mikro dan mikro. Selama ini, Indah masuk melalui komunitas-komunitas UMKM itu.

Pada level nasional, Indah memperjuangkan UMKM bersama Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). Di era pandemi Covid-19. Memastikan literasi keuangan yang bagus bagi masyarakat. Supaya setiap orang tidak asal dalam menggunakan uang mereka.

Terutama untuk menyelamatkan warga dari tawaran-tawaran yang tak bertanggungjawab. Seperti investasi bodong yang mengakibatkan angka yield begitu tinggi.

Juga menghindarkan warga dari tawaran pembiayaan online khususnya yang ilegal. Ini agar masyarakat tidak mudah tergiur terhadap tawaran too good to be true.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: