Pembegal Dimassa Jadi Biasa

Pembegal Dimassa Jadi Biasa

Ilustrasi begal sedang dimassa.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Pembegal dihajar massa sudah sangat sering. Meski begitu, peristiwa pembegalan tetap marak. Pelaku kebanyakan remaja atau dewasa muda. Ketika ditangkap massa, pembegal diamuk habis. Bahkan, banyak yang tewas. Belum ada riset, mengapa mereka tetap berani.

TERBARU, begal yang naik motor dihajar massa di RT 01/RW 11, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat, Kamis malam, 11 Januari 2024. Mereka bertiga dengan dua motor.

Mereka membegal seorang pemuda bermotor. Di wilayah sepi tengah malam itu. Tapi, karena proses pembegalan lama, warga berdatangan. Mungkin warga ingin tahu, mendekati pembegal dan korban. Mendadak dua begal kabur dengan motor mereka.

BACA JUGA: Begal Nyaris Mbacok, lalu Dor...

Satu dari kawanan pembegal ditinggal. Itulah yang dikeroyok warga. Ia lari. Dikejar massa. Di antara massa pengejar ada yang bermotor. Pembegal yang lari ditabrak motor hingga terpental. Lalu, dikeroyok.

Pembegal dihajar habis. Ditelanjangi. Direkam video, diunggah di akun @kembangan.info. Langsung viral. Di situ diberi keterangan: ”Satu dari tiga komplotan terduga begal di Meruya Utara, Kembangan, tepatnya di lingkungan Rt 01/11 titik kenal Sekolah Tunas Muda tertangkap warga pada Kamis (11/1).”

Dilanjut: ”Diketahui dua orang kawanan pelaku berhasil melarikan diri, diketahui jalur ini memang terkenal rawan kejahatan, terutama curas (pencurian dengan kekerasan) ataupun begal.”

BACA JUGA: Cara Hadapi Begal dari Hasil Riset

Nyawa pembegal itu terselamatkan oleh polisi yang patroli kebetulan lewat. Pembegal, yang sudah babak belur terkulai di tanah, diangkut polisi.

Kapolsek Kembangan Kompol Billy Gustiano kepada wartawan Jumat, 12 Januari 2024, mengatakan bahwa pihaknya telah mengamankan pelaku seusai korban membuat laporan. ”Pelaku sudah diamankan di polsek dan lanjut proses penyidikan,” ujarnya. Belum dirilis nama pembegal dan korban.

Peristiwa semacam itu terlalu sering terjadi di Jakarta dan kota besar Indonesia lainnya. Banyak di antara pembegal yang ditangkap massa, mati dibunuh. Pembunuhannya tidak bisa diproses polisi karena pelakunya massa.

BACA JUGA: Begal Bekasi Ini Paham Victim Precipitator

Orang Indonesia tergolong pemberani. Baik selaku pembegal, juga warga yang melawan pembegal. Padahal, pembegal yang akan ditangkap pasti melawan habis-habisan. Itu perjuangan pembegal bertahan hidup. Biasanya pembegal tewas dikeroyok massa.

Di negara maju seperti Amerika Serikat (AS) banyak anjuran, ketika Anda sedang dibegal, jangan pernah melawan. Kalau melawan, risikonya mati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: