Piala Asia 2023: Thailand vs Kyrgyzstan 2-0, Jadi Satu-satunya Tim Asia Tenggara yang Menang di Laga Perdana

Piala Asia 2023: Thailand vs Kyrgyzstan 2-0, Jadi Satu-satunya Tim Asia Tenggara yang Menang di Laga Perdana

Thailand berasil mengalahkan Kyrgyzstan dengan skor 2-0 di pertandingan perdana mereka di Piala Asia 2023-REUTERS/MOLLY DARLINGTON -

DOHA, HARIAN DISWAY - Laga Thailand vs Kyrgyzstan menunjukkan, siapa sebenarnya negara yang memang kekuatan sepak bolanya luar biasa di Asia Tenggara.

Ya, Thailand memang memberikan bukti bahwa timnasnya berbeda dengan kebanyakan negara di Asia Tenggara.

Thailand memenangi laga perdana di Piala Asia 2023. Sementara tiga tim asal Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Vietnam kalah di pertandingan perdana mereka di Piala Asia.

Tim berjuluk Gajah Putih itu, menang dengan skor 2-0 atas Kyrgyzstan, 16 Januari 2024. 

Thailand turun dengan armada terbaiknya di laga tersebut. Elias Dolah menjadi palang pintu Gajah Putih dan berduet dengan Pansa Hemviboon. Sementara di posisi fullback kiri, disi kapten tim Theerathon Bunmathan. 

Laga tersebut berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Kedua tim bermain menyerang, sejak menit awal pertandingan. Sehingga peluang demi peluang pun berdatangan. 

Kyrgyzstan lebih dulu memperoleh peluang, ketika laga baru berjalan 9 menit. Tembakan pemain depan Kyrgyzstan, Kai Merk masih melebar di sisi gawang Gajah Putih. 

BACA JUGA:Arab Saudi vs Oman 2-1: Comeback, VAR Selamatkan Pasukan Roberto Mancini

BACA JUGA:Bangga Bermain di Piala Asia, Elkan Baggot Ingin Berikan Kado Manis untuk Indonesia

Thailand sendiri bukan tanpa peluang. Di menit ke-22 mereka mendapat peluang emas lewat kaki Suphanat Mueanta. Tendangan kerasnya, masih membentur mistar gawang, dan kembali ke lapangan hijau. 


Thailand berasil mengalahkan Kyrgyzstan dengan skor 2-0 di pertandingan perdana mereka di Piala Asia 2023-REUTERS/MOLLY DARLINGTON -

Sehingga upaya Thailand untuk mempin harus sirna. Tetapi, enam menit setelah peluang itu, Thailand bisa unggul lewat serangan balik cepat. Adalah Bordin Phala kreator dari gol Thailand itu. 

Bordin melakukan tendangan keras dan terarah ke gawang Kyrgyzstan. Sang kiper, Erzhan Tokotayev gagal menepis dengan sempurna bola hasil sepakan Bordin Phala. 

Bola muntah hasil tepisan itu, jatuh tepat di kaki Supachai Chaided. Dengan mudah, ia menyerobot bola dan mencetak gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: