21 Januari Diperingati Sebagai Hari Pelukan, Ini Manfaat dan Cara Merayakannya

21 Januari Diperingati Sebagai Hari Pelukan, Ini Manfaat dan Cara Merayakannya

Sejarah Hari Pelukan Nasional Tanggal 21 Januari dan Cara Merayakannya--ilustrasi

HARIAN DISWAY - Setiap 21 Januari, warga Amerika Serikat merayakan National Hugging Day alias Hari Pelukan Nasional.

Peringatan tersebut diprakarsai oleh Kevin Zaborney, seorang pria asal Clio, Michigan, AS, pada 2004. Ia awalnya berprofesi sebagai guru. Namun kemudian banting setir menjadi pastor.

Pada dasarnya, Hari Pelukan ini diinisiasi untuk memperjuangkan pentingnya pelukan sebagai wujud kasih sayang, dukungan, dan penerimaan.

BACA JUGA:21 Januari Hari Apa? Ini Peringatan Seru di Tiap Negara

"Aku mempelajarinya ketika kuliah psikologi di Universitas Michigan," ungkap Kevin Zabourney kepada The Christian Post. "Saat itu, aku menyadari bahwa tidak ada hari yang mengakui betapa pentingnya pelukan antara sesama manusia," lanjutnya.


21 JANUARI diperingati sebagai Hari Pelukan, ini manfaat dan cara merayakannya. Foto: Kevin Zaborney, pendiri Hari Pelukan Nasional di AS.-Kevin Zaborney Official -

Beranjak dari maksud dan tujuan Zaborney tersebut, akhirnya muncullah Hari Pelukan Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 21 Januari.

Zaborney memulai langkah awal dengan menyebarkan pamflet tentang pentingnya berpelukan di sekolah. Ia mengajak siswa-siswanya untuk membagikan selebaran itu ke teman dan keluarga. Supaya makin banyak orang memahami pentingnya pelukan.

BACA JUGA:Penelitian membuktikan, Musik membuat Hidup jadi Lebih Sehat

BACA JUGA:Menulis sebagai Terapi: Kekuatan Journaling untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Mahasiswa

Ia juga menciptakan situs web resmi untuk Hari Pelukan Nasional dan menjalankan kampanye promosi di berbagai media sosial. Dan ketika perayaan itu diunggah di sebuah surat kabar nasional, tiba-tiba saja Hari Pelukan Nasional jadi event global.

"Aku sangat terkejut," kata Zaborney pada 2011. "Aku tidak berharap ide itu meluas ke mana-mana. Malah kupikir gagasan ini bakal dicemooh," lanjutnya.

Perayaan Hari Pelukan Nasional telah meluas ke seluruh penjuru dunia dengan pesat. Banyak orang yang memanfaatkannya sebagai momentum untuk memberikan pelukan kepada orang-orang tersayang.


21 JANUARI hari apa? Ini peringatan seru di tiap negara. Foto: Kevin Zaborney, pelopor Hari Pelukan Nasional di AS.-Qwoted-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber