Bahrain vs Malaysia 1-0, Harimau Malaya Tersingkir dari Piala Asia 2023

Bahrain vs Malaysia 1-0, Harimau Malaya Tersingkir dari Piala Asia 2023

Faisal Halim saat melewati hadangan pemain Bahrain, 20 Januari 2024-REUTERS/IBRAHEEM AL OMARI-

HARIAN DISWAY - Stadion Jassim bin Hamad menjadi saksi kekalahan dramatis Malaysia oleh Bahrain. Berharap menang untuk menjaga asa di Piala Asia 2023, Harimau Malaya malah kalah 0-1. Mereka pun tersingkir dari ajang 4 tahunan tersebut.

Ya, karena kekalahan di laga kedua Grup E itu, Malaysia terpuruk di dasar klasemen dengan 0 poin. Sebab, sebelumnya mereka dihajar 0-4 oleh Yordania.

"Tidak ada yang salah dari tim ini. Memang di sinilah posisi kami. Mungkin sebagai pelatih, akulah yang salah," kata Kim Pan Gon, pelatih timnas Malaysia kepada kantor berita Bernama.

BACA JUGA:Preview Indonesia vs Jepang: Laga Hidup dan Mati Garuda di Piala Asia

"Aku punya ekspektasi yang terlalu tinggi. Aku memberi mimpi dan harapan yang tinggi kepada pemain dan publik Malaysia. Itulah masalahku," lanjut pelatih asal Korea tersebut.


BAHRAIN vs Malaysia 1-0, Harimau Malaya tersingkir dari Piala Asia 2023. Foto: Para pemain Malaysia menyesali kekalahan dari Bahrain.-Karim Jafaar-AFP

Dalam laga itu, Bahrain mendominasi permainan dengan menyerang total pertahanan Harimau Malaya. Sedangkan Malaysia memilih untuk fokus bertahan, kemudian melakukan serangan balik cepat.

Taktik Malaysia itu terbukti efektif. Lewat skema itu, Malaysia mendapat peluang di menit ke-15, ketika Faisal Halim mengirim umpan ke Paulo Josue.

BACA JUGA:Vietnam vs Indonesia 0-1: Buah Kecerdikan Shin Tae-yong Bangun Pertahanan

Sayangnya eksukusi juru gedor Malaysia itu gagal berbuah gol. Berselang semenit kemudian, Malaysia kembali memperoleh peluang. Namun, tendangan Arif Aiman ditepis oleh kiper Bahrain Ebrahim Lutfallah.

Lalu pada menit ke-27, upaya Matthew Davies dengan tembakan jarak jauh hampir membawa keunggulan bagi Malaysia. Meski begitu, kedisiplinan pertahanan Bahrain tetap sulit ditembus.

Sedangkan Bahrain mendapat peluang lewat sang striker pengganti, Abdulla Yusuf Helal. Pemain berusia 30 tahun itu hampir mencetak gol pada menit ke-56 lewat tandukannya.


BAHRAIN vs Malaysia 1-0, Harimau Malaya tersingkir dari Piala Asia 2023. Foto: Pemain Malaysia Arif Aiman sedih peluangnya tak berbuah gol.-Karim Jafaar-AFP

BACA JUGA:Hongkong Kalah Tipis 0-1 dari Iran, Tim Melli Susul Irak dan Qatar ke 16 Besar Piala Asia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: espn.com